Masyarakat Denpasar di Hebohkan Oleh Ogoh-Ogoh Raksasa Tengah Tiduran

Masyarakat Denpasar di Hebohkan Oleh Ogoh-Ogoh Raksasa Tengah Tiduran

Foto : okezone.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Warga yang melintasi Jalan Nusa Indah dan Hayam Wuruk, Kota Denpasar, Bali, dipastikan perhatiannya akan tertuju ke Sebuah ogoh-ogoh dengan posisi tiduran. Ribuan warga sejak tadi pagi terus berdatangan untuk melihat ogoh-ogoh itu dari dekat. Ogoh-ogoh berukuran raksasa itu adalah kreasi kawula muda Sekka Teruna Yowanna Padma Citta Banjar Bengkel dalam menyemarakkan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937. Benar saja, keberadaannya sukses mencuri perhatian warga yang melintas.

“Saya baru melihat ogoh-ogoh sebesar itu, dan bagus sekali,” ucap Ardana, warga sekitar, yang tengah mengabadikannya memakai handphone, Jumat (20/3/2015). Beberapa warga lainpun melakukan hal yang sama. Mereka bergiliran mengabadikan kreasi generasi muda Hindu untuk menyambut Hari Raya Nyepi. Mulai anak-anak, remaja, sampai orang tua tidak melewatkan uniknya ogoh-ogoh tersebut. Akibat banyaknya warga yang ingin melihat ogoh-ogoh itu dari dekat, khususnya yang menggunakan sepeda motor, sehingga mengakibatkan terjadinya kemacetan di jalan tersebut..

Petugas kepolisian yang bersiaga di lokasi tersebut cukup kewalahan mengatur arus lalu lintas. Hal itu disebabkan oleh ruas jalannya yang sempit dengan jumlah kendaraan yang cukup banyak, ditambah dengan lampu lalu lintas yang tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, seluruh umat Hindu di Bali memulai prosesi dalam rangka Tapa Brata Penyepian. Warga dilarang keluar rumah. Hampir di semua sudut kota, ogoh-ogoh sudah diletakkan di pinggir jalan untuk selanjutanya diarak berkeliling kota atau di wilayah masing-masing.

setelah diarak, semua ogoh-ogoh itu nantinya akan dibakar atau disebut juga sebagai Malam Pangrupukan. Prosesi tersebut merupakan simbol pemusnahan sifat-sifat buruk atau energi negatif yang bersemayam di dalam diri Buta Kala yang diwujudkan pada ogoh-ogoh. Tapa Brata Penyepian akan dimulai pada Sabtu (21/03/2015) pukul 06.00 Wita hingga Minggu (22/03/2015) pukul 06.00 Wita.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok