Miris, Mensos Bagikan Rokok Gratis

Miris, Mensos Bagikan Rokok Gratis

HarianDepok.com – Berita – Nasional, Pemerintahan Jokowi selalu membuat kontroversi dengan tindakan para menterinya. Belum lama ini, Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dikabarkan membagikan sejumlah rokok secara gratis kepada warga pedalaman di Provinsi Jambi saat menilik kasus kematian 11 warga pedalaman atau orang rimba.

Anggota pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, berdasarkan sebuah berita yang dirilis salah satu media lokal pada Jumat (13/3/2015) lalu, Mensos mendatangi sejumlah orang rimba di Jambi karena kasus meninggalnya 11 orang rimba yang diduga karena kekurangan pangan.

“Mensos datang memberikan bantuan bahan pangan. Ironisnya, Mensos juga memberikan bantuan rokok pada orang rimba tersebut,” kata Tulus Abadi, melalui keterangan tertulis, Kamis (19/3/2015) di Jakarta.

Tulus menegaskan, tindakan Mensos tersebut sangat tidak pantas untuk dilakukan. Karena hal tersebut melanggar Peraturan Pemerintah (PP) 109/20112 tentang Pengamanan Produk Tembakau sebagai Zat Adiktif yang dibuat oleh pemerintah. Ia menilai hal tersebut sangat ironis, karena pemerintah yang membuat larangan, tapi malah dilanggar oleh pejabat pemerintah setaraf menteri sosial.

“Dalam PP tersebut, siapapun dilarang membagikan produk rokok secara cuma-cuma atau gratis kepada siapapun. Lha, ini yang melakukan justru pejabat negara. Tragis!” kata Tulus.

Pengurus Komisi Nasional Pengendalian Tembakau ini juga menyatakan, tindakan Mensos itu sebagai cerminan abainya pemerintah terhadap perlindungan kesehatan rakyat dan “main-main” terhadap peraturan yang dibuatnya sendiri. Ditambah, kata Tulus, apabila dikaitkan dengan kepekaan terhadap kemiskinan. Tulus menerangkan, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2014, salah satu pemicu pemiskinan di rumah tangga miskin adalah konsumsi rokok dikalangan ekonomi menengah kebawah.

“Rokok menduduki nomor dua dari barang yang dikonsumsi oleh rumah tangga miskin. Jadi dengan membagi-bagikan rokok secara gratis, Mensos justru pro pada kemiskinan,” ujarnya.

Terakhir, Tulus menengarai, tindakan Mensos tersebut dilatari kegiatan kunjungan tersebut disponsori oleh industri rokok tertentu, sehingga mau tidak mau harus membagikan rokok kepada warga pedalaman disana.

[AndriIdaman/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)