Dinas Kesehatan Depok, Lakukan Penelitian Bahan Pengawet Pengganti Formalin

Dinas Kesehatan Depok, Lakukan Penelitian Bahan Pengawet Pengganti Formalin

HarianDepok.com – Berita , Formalin, salah satu zat kimia yang biasa dipakai untuk mengawetkan jenazah agar bisa bertahan lama dari proses pembusukan. Kini, formalin juga dipakai oleh para pedagang yang tidak bertanggung jawab untuk bisa mengeruk keuntungan pribadi tanpa memikirkan dampaknya ke para pembeli.

Banyaknya makanan basah dan dagangan yang menggunakan zat formalin sebagai pengawet yang beredar di wilayah kota Depok, menuai aksi protes dari para konsumen terhadap pemerintah Depok sebagai salah satu instansi penghubung perlindungan hak konsumen untuk dapat segera memberantas pedagang pedagang nakal pengguna formalin dan membatasi distribusi zat tersebut.

Tingginya penggunaan formalin di kota Depok yang hingga sampai kini makin tak terkendali akibat mudahnya mendapatkan zat tersebut membuat semakin banyaknya kerugian yang diderita oleh para konsumen.

Pemerintah kota Depok melalui Dinas Kesehatannya dalam menanggapi hal tersebut, saat ini tengah melakukan penelitian bahan pengawet pengganti formalin.

saat ini sudah ada beberapa zat pengganti formalin. Namun zat zat tersebut masih terus diteliti dan dikaji kelayakannya.
kata Kabid Perlindungan Obat dan Makanan Kota Depok, May Haryanti, kepada media, Selasa (17/03/2015).

Meski demikian, May masih belum bisa memastikan kapan akan mempublikasikan mengenai zat pengawet pengganti formalin tersebut. Dirinya berjanji akan melakukan publikasi terhadap bahan bahan pengganti formalin tersebut secepatnya setelah proses penelitian mengenai kelayakan zat zat pengganti tersebut telah rampung dikerjakan.

Diketahui, pada beberapa waktu yang lalu, pemerintah kota Depok melalui instansi Dinas kesehatannya dan instansi terkait melakukan operasi pasar mendadak di beberapa pasar yang terdapat di kota Depok. Dari hasil kunjungan tersebut, pemerintah kota Depok berhasil mendapatkan beberapa makanan yang dikelola dengan menggunakan zat formalin.

Pemerintah kota Depok pun sempat mendapatkan beberapa makanan olah yang mengandung zat kimia Rodhamin di beberapa jenis makanan yang dijajakan di beberapa pasar pasar tersebut yang bisa membahayakan kesehatan konsumen konsumen yang mengkonsumsi barang barang tersebut.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)