Ancaman Hukuman Mati Bagi Kedua Penyelundup Sabu Melalui Ikan Asin

Ancaman Hukuman Mati Bagi Kedua Penyelundup Sabu Melalui Ikan Asin

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Dua pelaku penyelundup sabu yang berinisial GS (34) warga Pakistan dan IA (45) warga Depok yang disamarkan menggunakan kardus ikan asin terancam hukuman mati. Keduanya akan dikenakan pasal berlapis. Keduanya akan dikenakan Pasal 114 ayat 2.112 ayat 2 jo, Pasal 132 Ayat UU Nomer 35 Tahun 2009 dengan ancama hukuman maksimal pidana mati. Menurut Irjen Deddy Fauzy Elhakim, Deputi Pemberantasan BNN di Jakarta, Kamis (19/03/2015) mengatakan, “Keduanya dapat dikenakan hukum mati, namun tergantung vonis sidangnya nanti.”

Dia menambahkan, ketka diperiksa keduanya mengaku hanya sebagai kurir bukan seorang bandar. Namun melihat dari barang bukti yang dibawa pelaku cukup fantastis, yaitu 15 kilogram sabu dan 22 butir pil ekstasi. Otomatis kedua tersangka itu dapat dikatakan sebagai bandar. “Saat di interogasi, mereka mengaku hanya sebagai kurir. Padahal jika  merujuk UU, mereka ini sebagai tersangka. Kalau sabu itu satuannya gram, jadi lebih dari 5.000 gram atau lima kilogram berarti hukumannya pidana mati. Sedangkan untuk ganja, ukurannya itu lebih dari lima batang pohon akan dikenakan hukuman mati,” jelasnya.

Deddy pun menjelaskan alur penjualan barang haram tersebut. “Jadi ada supplier besar di negeri orang. Dan mereka, yang mengolah barang haram tersebut hingga ke Indonesia. Selanjutnya  para pengusaha ‘hitam’ itu langsung menjualnya kembali kepada pembeli.” ungkapnya. “Dengan ditangkapnya kedua tersangka ini, sama saja kami menyelamatkan sekitar 60.000 jiwa anak bangsa dari bahaya narkoba,” tutupnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok