Gerhana Matahari Total Akan Terjadi Di Negara Bagian Eropa & Afrika

Gerhana Matahari Total Akan Terjadi Di Negara Bagian Eropa & Afrika

HarianDepok.com – Berita – Internasional ,  Pada Jumat  (20/03/ 2015) akan terjadi Gerhaa Matahari total yang akan dirasakan oleh sebagian besar penduduk dunia. Inggris dan Jerman adalah salah satu negara yang akan paling merasakan dampak dari penomena alam ini. Namun sayangnya masyarakat Indonesia tidak akan bisa merasakan gerhana Matahari tahun ini, karena tahun ini fase-nya berada di sejumlah wilayah, seperti Asia Barat bagian Utara Eropa, Afrika Utara dan Samudera Atlantik bagian Timur. “Indonesia tahun ini tidak akan merasakan dampak gerhana Matahari langsung,” uccap peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Rabu (18/03/2015).

Akan tetapi masyarakat Indonesia tidak perlu kecewa, karena masih dapat merasakan gerhana Bulan yang akan terjadi pada 4 April 2015. Menurut keterangan Lapan, diseluruh wilayah Indonesia akan dapat menikmati gerhana Bulan total. Seperti diketahui, Jerman menggunakan energi surya sebagai cadangan listrik. Otomatis dengan terjadinya gerhana Matahari total ini akan melumpuhkan operator jaringan listrik lokal yang ada di Jerman. Oleh karena itu, penduduk Jerman mesti berjuang ekstra bagaimana memproduksi listrik. Semntara di Inggris, bagian London Timur dan Selatan akan melihat fenomena gerhana matahari ini sekitar 85 persennya.

Fenomena gerhana yang akan dialami Inggris pada esok hari ini, kabarnya merupakan fenomena gerhana terbesar yang dapat dilihat selama 16 tahun sekali. Sedangkan di kepulauan Faroe di Inggris, yang diyakini dapat melihat kejadian gerhana matahari total selama 132 detik atau sekitar dua menit 12 detik. dan wilayah Skotlandia yang akan melihat gerhana sekitar 95 persen.

Lembaga antariksa NASA mencatat, sinar pancaran Matahari hanya dapat dilihat langsung dengan sebuah filter yang dirancang khusus untuk melindungi mata. Lapisan filter ditutupi dengan bahan sejenis kromium atau alumunium.sehingga dapat melemahkan pancaran radiasi inframerah. Sebuah filter pelindung mata harus dapat mengirimkan kurang dari 0,0003 persen atau density sebesar 4,5 cahaya yang tampak (380-780nm). Dan tidak lebih dari 0,5 persen atau density sebesar 2,3 dari jarak dekat radiasi langsung.

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok