Di Kota Depok Pemakaian Zat Berbahaya Sangat Tinggi

Di Kota Depok Pemakaian Zat Berbahaya Sangat Tinggi

HarianDepok.com – Berita , Berdasarkan pernyataan Dinas Kesehatan Kota Depok , di beberapa pasar tradisional penggunaan bahan pengawet berbahaya masih tinggi. Seperti rodhamin B dan formalin. Melihat keadaan seperti itu, instansi tersebut tengah merampungkan bahan pengawet makanan yang aman untuk mengganti penggunaan zat berbahaya dari kimia bagi kesehatan tubuh manusia. Menurut Lies N Karmawati, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok mengungkapkan, dari hasil penelitian pihaknya kandungan rodhamin B dan formalin pada sejumlah produk makanan telah mencapai ambang batas. Bahan berbahaya tersebut  terdapat dalam ikan asin, mi basah, tahu, manisan, dan kerupuk.

Ia menjelaskan, bahan pengawet tersebut dapat membuat makanan tersebut menjadi nampak menggirukan dan tahan lama. Lies menjelaskan, pihaknya mengetahui kadar penggunaan rodhamin B dan formalin yang digunakan produsen, ketika melihat dari hasil penelitian terhadap tiga sampel makanan tersebut. Kandungan formalin di dalam mie basah dan tahu tersebut mencapai 80 persen. Sementara kandungan rodhamin B di dalam kerupuk dan produk makanan lain mencapai 75 persen. Ia melanjutkan, kadar penggunaan rodhamin B dan formalin di sejumlah produk makanan tersebut bisa di dilihat dengan kasat mata.

Makanan yang mengandung zat berbahaya tersebut tidak akan dihinggapi lalat atau binatang kecil lain. Dan jika makanan tersebut sudah lama terkena udara bentuknya akan berubah warga dan mengeluarkan aroma tidak sedap. Sebab itu Lies menyatakan, pihaknya sekarang sedang meneliti untuk pengganti zat berbahaya rodhamin B dan formalin. Dikarenakan penelitian belum rampung, sehingga terobosan itu pun belum dapat dipublikasikan. Dia berjanji jika penelitian sudah rampung, ia akan menjelaskan semua. Pihak kami sudah mengajukan permohonan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk menyita makanan berbahaya tersebut dari para pedagang.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok