Rupiah Melemah, Pemerintah Akan Naikan Harga BBM Bulan Depan

Rupiah Melemah, Pemerintah Akan Naikan Harga BBM Bulan Depan

HarianDepok.com – Bisnis , Pada awal April 2015 pemerintah berencana akan kembali mengubah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) seirimg perubahan acuan pembentukan harga. Menurut pelaksana tugas, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Nyoman Wiratmaja mengungkapkan, acuan tersebut berupa harga minyak dan kurs dolar Amerika Serikat (AS). Hingga sekarang harga minyak masih fluktuaktif sementara dolar AS terus menguat.

“Harga masih relatif stabil dalam seminggu ini. Kadang naik, terus turun sedikit kemudian kembali lagi. iya masih stabil, namun dolar AS makin naik,” ucap Wiratmaja, di Kantor Direktorat Jenderal dan Gas Minyak Bumi, Kementrian ESDM, Jakarta, Rabu (18/03/2015). Wiratmaja mengatakan, Karena ada perubahan harga acuan tersebut, maka pemerintah akan merevisi harga BBM. Saat ini sedang dilakukan perhitungan untuk menentukan besarannya. “Nah dari itu yang meski kami rekalkulasi lagi. Pada akhir bulan revisi baru akan dilakukan.” ucap Wiratmaja.

Menurut Wiratmaja, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sepanjang Maret akan berpengaruh besar terhadap pembentukan harga BBM bulan depan. “Jika selama Maret, penurunan rupiah lebih berperan, karena harga dari Maret itu fluktuasinya tidak begitu menanjak,” Ucap Wiratmaja. Dari mulai awal Maret 2015, nilai tukar rupiah cenderung melemah terhadap dolar AS. Bahkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate, (JISDOR), rupiah sempat berada di level tertinggi yakni 13.237 per dolar AS pada 16 Maret 2015. Sedangkan pada 18 Maret 2015, kurs tengah BI menunjukkan rupah menguat ke level 13.164 per dolar AS dari periode 17 Maret 2015 di kisaran 13.209 per dolar AS.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok