Di Balikpapan Investasi Properti Masih Menjanjikan

Di Balikpapan Investasi Properti Masih Menjanjikan

HarianDepok.com- Properti – Bisnis disektor properti di kawasan kota Balikpapan diproyeksikan semakin mengalami pertumbuhan yang pesat. Kota yang menjadi kota terbesar kedua di Kalimantan Timur tersebut sudah lama berubah menjadi destinasi utama oleh para pendatang dari berbagai kota yang ada di Indonesia.

Hal tersebut diringi oleh adanya realisasi investasi yang semakin tumbuh dari tahun ke tahunya. Pada kesempatanya, menstimulasi tingginya kebutuhan hunian, perhotelan, kawasan industri dan juga pusat belanja.

Andi Hermawan selaku Marketing Manager PT Bintang Omega Sakti (BOS) Land memaparkan, kehadiran dari para pendatang yang kian bertambah jumlahnya tersebut ikut mendogkrak kebutuhan dari properti, terlebih untuk hunian. Sampai bulan Januari 2015, dari jumlah populasi sebanyak 706.614 orang, hampir ada 50 persenya adalah warga pendatang.

“Tingkat hunian yang ada di Balikpapan akan merangkak semakin tinggi karena melihat penduduknya berasal dari luar kota. Hampir ada 50 persen dari 700 ribu penduduk Balikpapan adalah merupakan warga pendatang,” ungkap Andi, Jakarta, Senin (17/ 3/ 2015).

Menurutnya potensi investasi yang ada di sektor properti, khususnya untuk rumah hunian, sangatlah tinggi jika melihat dari peningkatan jumlah pendatang yang ada di kota tersebut. Sesuai dengan data Pemerintah Kota Balikpapan, pertumbuhan penduduk pada tahun 2014 menembus angka 5,01 persen atau bertambah menjadi 36.301 jiwa.

Lebih lanjut ia menguraikan, “Kota Balikpapan cukup memiliki potensi untuk menanam investasi dalam bidang properti hunia. Investasi pada sektor tersebut masih terbilang menjanjikan,” ungkap Andi.

Pada kesempatan yang lain, Orri Abrani selaku Marketing Manager Borneo Bay Residenses menjelaskan, potensi pertumbuhan pasokan hunian terlebih untuk tipe apartemen juga akan diprediksikan terus mengalami peningkatan. Menguatnya tingkat permintaan yang ada juga akan menjadi stimulus tersendiri dari harga jualnya.

Selain itu Andi juga percaya kota Balikpapan akan semakin dilirik oleh para investor dengan berjalanya rencana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Balikpapan yang akan mengembangkan 19 persen lahan yang ada di kawasan Timur dan Utara kota menjadi kawasan hunian.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: