12 Batu Seimbang Yang Terkenal Di Dunia

82

HarianDepok.com – Berita Unik – Balancing rock atau batu yang seimbang adalah formasi geologi alami yang menampilkan sebuah batu besar atau boulder, yang terletak di batu lain dengan posisi genting (seakan-akan mau jatuh). Pada kenyataannya, batuan ini hanya tampaknya balancing tetapi sebenarnya tegas terhubung ke batuan dasar dengan pedestal atau stem.Berikut adalah beberapa batu seimbang yang terkenal di dunia :

1. Balanced Rock, Utah

Balanced Rock adalah salah satu fitur yang paling populer dari Taman Nasional Arches, terletak di Utah, Amerika Serikat. Terletak di sebelah jalan utama di taman nasional, sekitar 9 mil dari pintu masuk taman.

Tinggi total dari Batu ini adalah sekitar 39 m, dan Balanced Rock sendiri tingginya 16,75 m di atas dasarnya. Batu besar ini ukurannya sebesar tiga bus sekolah. Sebenarnya, Balanced Rock ini memiliki pendamping – batu seimbang serupa, tetapi jauh lebih kecil bernama “Chip Off The Old Block”, yang telah jatuh saat musim dingin tahun 1975/1976.

2. Balanced Rock, Colorado

Batu seimbang ini terletak di Garden of the Gods di Colorado Springs, Colorado. Mudah diakses dengan mobil karena dekat dengan jalan beraspal dan merupakan tempat yang populer untuk fotografi.

3. Balanced Rock, Digby, Nova Scotia

Balancing Rock di St Mary Bay, Long Island, Nova Scotia tampaknya menentang gravitasi karena berdiri di tepi batu karang di bawahnya. Kolom batu setinggi 9 meter ini terpasang oleh dua bagian kecil dibawah batu.

4. Idol Rock, Moor Brimham

Banyak formasi batuan tersebar di daerah seluas 50 hektar di Brimham Moor. Salah satunya adalah Batu Idol yang seimbang di atas sebuah batu kecil. Batu-batu terkikis oleh air, glasiasi dan angin, menciptakan bentuk yang menakjubkan. Banyak formasi menunjukkan segala macam hal, termasuk gajah, kuda nil, beruang, dan jamur.

5. Kummakivi

Batu raksasa bernama Kummakivi (batu aneh di Finlandia) ini seimbang secara alami. Formasi geologi yang aneh ini ditemukan di hutan lebat Finlandia. Masih belum ada penjelasan ilmiah bagaimana telah berakhir di posisi balancing tersebut.

6. Chiremba Balancing Rocks, Zimbabwe

Chiremba Balancing Rocks terletak 13 km sebelah tenggara dari Harare di Epworth. Meskipun batu-batu seimbang yang aneh dapat ditemukan hampir di seluruh Zimbabwe, yang satu ini menjadi terkenal setelah ditampilkan dalam mata uang Zimbabwe. Batu-batu seimbang telah digunakan sebagai tema metafora untuk menjelaskan pentingnya pembangunan dengan melestarikan lingkungan Zimbabwe yang rentan mirip dengan yang ada pada Balancing Rocks yang ditemukan di Epworth, Matopos dan di daerah lain.

7. Mexican Hat, Utah

Formasi Batu Topi Meksiko terletak di Highway 163, 24 km sebelah barat Bluff, Utah. Nama “Mexican Hat” berasal dari bentuknya yang mirip sombrero, batu setebal 12 kaki lebar 60-kaki menjulang di ujung timur laut kota.

8. Devils Marbles, Australia

Devils Marbles adalah salah satu bebatuan Australia yang terkenal, terletak di sebelah selatan daerah Creek Tennant dari Northern Territory. Batu-batu granit bulat yang besar dan merah, bervariasi dalam ukuran, dari 50 cm hingga enam meter, dan mereka berserakan di area yang luas. Banyak dari mereka tampak mustahil seimbang di atas satu sama lain.

9. Kjeragbolten, Norwegia

Kjeragbolten adalah boulder 5 meter kubik yang massif, terjepit di sebuah jurang di pinggir gunung Kjerag di Lysefjorden, Norwegia. Blok batu berada 984 meter di atas jurang yang dalam. Meskipun penampilannya yang mengesankan, boulder ini mudah diakses dengan berjalan kaki tanpa peralatan khusus. Seluruh gunung Kjerag merupakan daerah pendakian populer, dan Kjeragbolten adalah tempat favorit untuk berfoto.

10. Batu Krishna

Krishna’s Butterball atau bola mentega kresna adalah sebuah batu raksasa yang saat ini menjadi tujuan wisata di Mahabalipuram, sebuah kota sekitar 60 km sebelah selatan dari Chennai yang terkenal dengan ukiran batu nya. Batu raksasa berdiameter sekitar 5 meter ini memiliki keunikan karena bertengger diam di lereng yang mulus dan licin, tampaknya menentang semua hukum fisika.

11. Golden Rock, Burma

Golden Rock (Kyaik-htiyo atau Kyaiktiyo), bertengger di atas tebing dekat Yangon, adalah salah satu situs paling suci di Birma. Menurut legenda, Batu Emas itu bertengger di atas sehelai rambut Buddha. Batu itu tampaknya melawan gravitasi, dan tampaknya berada di ambang bergulir menuruni bukit. Di bagian atas batu itu dibangun sebuah pagoda kecil dan ditutupi dengan daun emas yang disisipkan oleh pemujanya. Golden Rock yang “menantang gravitasi” ini diyakini cukup menginspirasi setiap orang untuk beralih ke Buddhisme.

12. Al Naslaa

Batu Al Naslaa memiliki celah yang sempurna antara dua batu, seakan-akan batu ini dahulunya dibelah oleh pedang yang sangat tajam. Pada salah satu sisinya, batu Al Naslaa terdapat petroglyphs yang paling fotogenik di daerah itu. Bahkan, masing-masing belahan batu memiliki penyangga berupa batu kecil di bagian bawahnya, yang membuatnya menjadi salah satu formasi batu yang seimbang dan mampu membuat para arkeolog geleng-geleng kepala.

 

 

 

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer