Kisruh Belum Usai, Golkar Ragu Maju Pilkada

Kisruh Belum Usai, Golkar Ragu Maju Pilkada

HarianDepok.com – Berita – Nasional, Pengamat politik Universitas Airlangga Surabaya, Haryadi mengatakan kisruh internal partai golkar antara kubu Agung Laksono dan Aburizal Bakrie (ARB) akan merugikan partai golkar sendiri. Menurutnya, apabila perseturuan ini tidak diselesaikan secepatnya, golkar dikhawatirkan tidak dapat mengikuti Pilkada.

Ia menjelaskan, salah satu aturan untuk mengikuti pilkada yaitu mendapatkan rekomendasi ketua dan Sekjen di level pemilihan. Selain itu, peserta juga harus mendapatkan surat dari pimpinan partai level pusat. itu artinya, perseteruan ini akan mempersulit golkar pada saat mengikuti pilkada karena terdapat peseteruan di level daerah dan pusat yang saat ini semakin meruncing dan tak kunjung usai.

“Pimpinan yang diakui KPU level pusat kubu Agung. Sedangkan level daerah sebagian besar Ketua dan Sekjen kubu ARB. Ada kerpotan maka tidak bisa ikut pilkada.  Setidaknya ada 204 pilkada yang golkar bisa dirugikan,” ujar Haryadi.

Ia menambahkan, jika elit golkar tidak mampu menemukan mekanisme partai untuk menyelesaikan masalah ini secara damai maka kemungkinan lain yang akan terjadi yakni masing-masing kubu akan saling memecat antara satu sama lain dan tidak mengakui keabsahan surat keputusan. Dan jika hal ini terjadi maka sudah dipastikan kekuatan golkar menjadi berkurang dan strategi politik golkar jelas tidak akan berpengaruh apa-apa.

Ia menerangkan, siapapun yang akan memenangkan perseteruan ini akan memimpin partai golkar yang lebih kerdil dari yang ada sekarang.

“Pertarungan hidup mati akan berdampak pada derajat pengkerdilan. Kalau pertarungan itu hidup mati, siapapun yang menang ia akan memimpin partai golkar yang lebih kerdil dari yang ada sekarang”. Pungkas Haryadi.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok