Mebel Kayu Bekas Justru Malah Diminati Konsumen Mancanegara

Mebel Kayu Bekas Justru Malah Diminati Konsumen Mancanegara

HarianDepok.com- Properti – Interior,  Ketika persediaan kayu menipis, kayu bekas yang sudah tak terpakai malah menjadi solusi dari ketidak tersediaan tersebut. Ditangan para pengrajin dan tangan terampil, limbah kayu yang sering dipandang sebelah mata tersebut justru dapat dimanfaatkan untuk bahan baku mebel dengan kualitas tinggi.

Pemiliki dari CV Nuansa Kayu Bekas Bima Satria Dewa dan Rani Permata Sari yang merintis usaha mebel kayu bekasnya karena melihat bahan tersebut melimpah serta jarang terpakai di sekitar kawasan Wonorejo, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

“Pada awalnya, karena melihat banyak kayu bekas yang tak terpakai yang ada dilingkungan sekitar. Sangat disayangkan sekali apbila kayu tersebut dibuang begitu saja. Kemudian Pak Bima Satria Dewa dan Ibu Rani Permata Sari menemukan ide untuk memanfaatkanya menjadi sesuatu yang lebih memiliki nilai dari pada dibuang begitu saja,” ungkap Suwartini selaku Marketing CV Nuansa Kayu Bekas, Jakarta, Sabtu, (14/ 3/ 2015).

Dengan memanfaatkan barang bekas tersebut ternyata produk itu justru lebih diminati oleh konsumen asing jika dibandingkan dengan furnitur berbahan kayu biasa. Kesadarab terhadap krisis lingkungan yang semakin mengahawatirkan megnjadikan mereka lebih mengedepankan mebel dengan konsep scogreen.

“Tak disangka, peminat mebel dari bahan baku kayu bekas tersebut terbilang banyak. negara- negara yang ada di Eropa yang kini tengah dilanda krisis lingkungan sehingga mulai mengadopsi lingkungan berbasis ecogreen. Perkenalan kami yang dimulai sejak tahun 2009 kemarin memang belum begitu terlihat. Akan tetapi pada pertengahan 2010 – 2015 ini, para pembeli mulai terlihat banyak karena harganya yang kompetitif dan yang lebih penting lagi adalah ramah lingkungan,” Ujarnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, kebanyakan pembeli furnitur dari kayu bekas ini adalah negara- nagara Eropa seperti Jerman, Italia, Spanyol, dan Denmark. Akan tetapi pembeli menacanegara lain diluar itu juga ada yakni Korea, Ausytralia, dan Jepang. Produk dari CV Nuansa Kayu Bekas ini fokus pembuatanya pada indor accent furniture. Kendati demikian, berbagai aksesoris lainya juga turut dibuat oleh perusahaan ini.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: