Tangani Urbanisasi Di Kota Depok Dengan Menggunakan Sistem Online

Urbanisasi Di Kota Depok, Penduduk Kota Depok, Jumlah Penduduk Depok,

HarianDepok.com – Berita , Populasi penduduk kota Depok saat ini, sudah berjumlah 2 juta lebih. Jumlah tersebut mengacu kepada data tahunan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Depok. Saat ini, kota Depok menjadi salah satu kota dengan kepadatan penduduknya terbilang cukup tinggi.

Urbanisasi yang terjadi tanpa adanya penyaringan oleh instansi instansi pemerintah terkait membuat ledakan jumlah penduduk kota Depok dari tahun ke tahun kian meningkat.

Peneliti Lembaga Demografi Universitas Indonesia Djainal Abidin Simanjuntak saat berada di Balaikota Depok, Senin (16/03/2015) mengatakan, kepadatan jumlah penduduk yang kini terjadi di kota Depok, harus segera dibenahi. Hal tersebut perlu dilakukan dengan segera karena akan berdampak kepada timbulnya permasalahan permasalahan baru yang timbul akibat urbanisasi tersebut.

Urbanisasi yang setiap tahunnya selalu meningkat di kota Depok tanpa adanya penanganan yang baik akan berdampak kepada permasalahan banyaknya pengangguran, tindak kriminalisasi dan melemahnya perekonomian kota. Akibatnya, kemajuan kota Depok akan berjalan lambat.

Djainal menuturkan, pemerintah kota Depok harus berani mengambil tindakan dengan membuat kebijakan kebijakan baru guna menekan terjadinya ledakan penduduk di tahun tahun berikutnya akibat lonjakan urbanisasi dari daerah daerah lainnya. Ia menghimbau, agar kebijakan terkait pendatang baru nantinya, bisa memberikan kenyamanan dan keamanan serta keuntungan di semua sektor.

Di lain hal, Djainal juga mengatakan bahwa untuk sistem pendataan di kota Depok pun juga harus dibenahi dengan menggunakan sistem online yang nantinya akan terintegrasi langsung ke Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Depok, sehingga urbanisasi yang terjadi dapat segera ditindak lanjuti dengan cepat, sehingga kemajuan kota Depok, dapat berjalan dengan baik.

Menurutnya, Hal tersebut sangatlah efektif dan bisa mempermudah instansi instansi terkait guna mendata secara keseluruhan dengan lengkap dan tepat. Penerapan dengan menggunakan sistem online tersebut sudah dilakukan di beberapa daerah, salah satunya yaitu Kalimantan.

Dengan adanya sistem online tersebut, diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk dapat menangani permasalahan urbanisasi yang terjadi di kota Depok.(Izl)

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok