Kota Depok, Gelontorkan Dana APBD Sebesar 120 Milliar Guna Mengendalikan Sampah

Kota Depok, Gelontorkan Dana APBD Sebesar 120 Milliar Guna Mengendalikan Sampah

HarianDepok.com – Berita , Sampah yang dihasilkan oleh warga dan industri di wilayah kota Depok diperkirakan mencapai hampir 5000 meter kubik perharinya. Hal tersebut tidak berimbang dengan minimnya petugas petugas serta lahan lahan untuk mengendalikan tumpukan tumpukan sampah di kota Depok tersebut.

Berbagai macam cara telah dilakukan oleh pemerintah kota Depok, untuk menanggulangi permasalahan tersebut.  Mulai dari melakukan kerja sama dengan pemerintah Jepang untuk mengelola sampah, sampai dengan adanya rencana pemberlakuan aturan daerah mengenai pengendalian sampah.

Minimnya alat alat dan fasilitas pendukung dan kurangnya kesadaran masyarakat Depok, menjadi penyebab sampah di kota depok belum tertangani dengan baik. Sehingga, sampah sampah yang baru berhasil ditanggulangi oleh pemerintah kota Depok sekitar 30 persennya.

Pemerintah kota Depok, demi untuk dapat mengendalikan sampah sampah yang ada di wilayahnya, rela mengucurkan anggaran sebesar Rp.120 miliar per tahunnya. Namun hal tersebut, hingga kini dirasa masih kurang efektif tanpa adanya kesadaran masyarakat kota Depok akan sampah. hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Depok, M Supariyono pada, Minggu (15/03/2015).

Menurutnya, faktor penentu terkendalinya sampah sampah di kota Depok itu adalah, adanya kesadaran masyarakat untuk mau merubah sikapnya untuk dapat selalui peduli dan sadar akan bahaya sampah dan pencemaran yang diakibatkan oleh sampah sampah tersebut. Tanpa adanya kesadaran dari tiap tiap masyarakat, dapat dipastikan permasalahan mengenai sampah akan selalu menjadi permasalahan yang tidak ada habisnya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)