Pada Desember 2015, Terminal Jatijajar Depok Mulai Beroperasi

Pada Desember 2015, Terminal Jatijajar Depok Mulai Beroperasi

ilustrasi

 

HarianDepok.com – Berita – Tapos , Pemerintah Kota Depok akan segera meresmikan Terminal Tipe A Jatijajar yang berlokasi di Jalan Raya Bogor, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat setelah sebelumnya sempat tertunda sejak tahun 2007. Terminal tersebut diperkirakan akan mengurangi kemacetan di jalan Margonda, dan bentuk bangunannya hampr sama dengan Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur. Menurut Gandara Budiana sekaligus Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok mengatakan, pembangunan Terminal Tipe A tersebut saat ini telah rampung 70 persen. Terminal Jatijajar diharapkan akan menjadi solusi untuk mengatasi kepadatan angkutan di Terminal Margonda yang selama ini telah menampung 3.000 angkutan kota.

“Terminal akan mulai dapat dioperasikan pada Desember tahun ini. Pembangunan Terminal Jatijajar sudah mencapai 70 persen. Dengan anggaran tahun ini, sisa pembangunan 30 persen lagi diharapkan akan segera selesai dikerjakan,” ujar Gandara, Senin (16/03/2015). Ia melanjutkan, sejak akhir 2010 lalu pembangunan Terminal Jatijajar secara fisik sudah dimulai. Dana untuk pembangunan tersebut  berasal dari APBD Kota Depok sekitar 70 persen dan 30 persen dari APBN. “Kami hanya pelaksana, pembangunan ada di Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Tarkim),” ucapnya.

Menurut  Nur Mahmudi Ismail, Wali Kota Depok mengungkapkan, segala fasilitas pendukung di Terminal Jatijajar akan disempurnakan. Pembangunan Terminal Jatijajar tidak serta merta menutup Terminal Margonda dan terminal Margonda tetap akan beroperasi khususnya untuk angkutan kota. “Dengan adanya Terminal Jatijajar semoga akan mengurangi beban Terminal Margonda. Angkutan dalam kota dan bus antar provinsi yang berada di Terminal Margonda akan diminimalisir untuk dialihkan ke Terminal Jatijajar,” tegasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok