KPAI : Memprihatinkan, Pelajar Terlibat Aksi Begal Depok

KPAI : Memprihatinkan,  Pelajar Terlibat Aksi Begal Depok

HarianDepok.com – Berita , Menurut penilaian Susanto, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Kota Depok telah darurat begal sepeda motor. Jika melihat  dari beberapa pelaku begal, lima di antara mereka merupakan seorang pelajar. “Depok bisa disebut darurat begal, karena melibatkan sejumlah pelajar, tidak hanya satu orang,” ungkap Susanto di Depok, Selasa (17/03/2015). Ia melanjutkan, meski demikian dari segi kuantitas aksi pembegalan di Depok terhitung masih sedikit. Namun, dari segi kompleksitas aksi begal di Depok sangat memprihatinkan karena sudah melibatkan seorang pelajar.

Maka dari itu, ia meminta kepada Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail agar segera mengambil langkah prefentif. Caranya dengan melibatkan seluruh elemen penyelenggara daerah. “Mulai dari dinas pendidikan (Disdik) kantor Kementerian Agama dan elemen masyarakat juga harus ikut mengantisipasi persoalan ini,” tegasnya. Menurut  pengamatan yang telah dilakukan, usia pelajar yang terlibat begal belakangan ini masih anak-anak. Pelaku yang terkahir ditangkap merupakan seorang  pelajar SMP, yang nyaris dibakar massa di Sawangan.

Dia mengatakan, Hal yang perlu dilakukan juga adalah peningkatan peran orang tua dalam mengawasi anak-anak. Kemudian, bersamaan dengan pembenahan cara mendidik dari guru. Yang terakhir yaitu peran tokoh agama yang harusnya melakukan revitalisasi pendekatan dakwah agar bisa mencegah gejala begal di kalangan anak. “Dalam membentuk karakter anak, tiga elemen ini amat penting sekali,” jelasnya.

Menurut dia, guru seharusnya tidak hanya bertugas untuk memberikan ilmu dan mata pelajaran yang ada di sekolah, namun juga harus memberikan amal dan keadaban dalam setiap mata pelajaran yang diberikan. “Banyak anak sudah tahu hal baik dan buruk, akan tetapi kurang peka untuk melakukan kebaikan,” tuturnya. Berikut merupakan lima pelaku begal motor yang masih berstatus seorang pelajar yang berinisial Is (17), IDS (16), REP (15), AWP (13) dan ARS (13). Mereka semua adalah seorang pelajar di Kota Depok.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok