Dinkes Depok Akan Panggil Pengusaha Tahu, Karena Banyak Tahu Berformalin

Dinkes Depok Akan Panggil Pengusaha Tahu, Karena Banyak Tahu Berformalin,

HarianDepok.com – Berita , Dinas Kesehatan Kota Depok akan mengadakan pemanggilan kepada beberapa pengusaha tahu. Hal Itu dikarenakan hasil sidak Februari lalu, saat ditemukan adanya tahu berformalin beredar di Depok. Pemanggilan kepada para pengusaha tahu tersebut digelar dalam rangka penyuluhan supaya mereka tidak memakai bahan berbahaya seperti formalin dan boraks.  Seperti yang diungkapkan May Haryanti, Kabid Perlindungan Obat dan Makanan Dinkes Kota Depok, penyuluhan terhadap para pengusaha tahu juga dilakukan supaya menghindari beredarnya tahu berbahan tambahan berbahaya.

Penyuluhan tersebut diberikan terhadap semua pengusaha tahu di Depok. Pihaknya Saat ini tengah berkoordinasi dengan pihak Polres Depok untuk memanggil pengusaha tahu yang ada di Depok. “Di kota ini ada 15 penguasa tahu yang terdaftar. Mereka ini yang menjadi target penyuluhan kami,” ucap May, Senin (16/03/2015).

Menurut May, bahan kimia berbahaya tidak boleh dicampurkan dalam makanan. Untuk itu, supaya tidak ada pengusaha yang melakukan hal tersebut, maka akan digelar penyuluhan sebagai upaya pencegahan. “Formalin digunakan sedikit atau pun banyak bahayanya sama. Jika mengkonsumsi tahu tersebut, bisa mengancam nyawa manusia” jelasnya. Semoga sesudah penyuluhan ini diharapkan para pemilik pabrik tahu tidak memakai zat berbahaya tersebut.

Kali ini bukan hanya tahu saja yang diduga memakai bahan berbahaya itu, namun banyak makanan lainnya juga. May menambahkan, dalam waktu dekat juga akan mengadakan sidak terdahap makanan yang diduga memakai formalin.  Sidak akan digelar secara gabungan antara Dinkes, Disperindag dan Pol PP. “Sudah kami agendakan. Depok mewaspadai peredaran makanan yang mengandung formalin dan boraks,” tegasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok