Pengamat Memprediksikan Rupiah Mampu Menembus Level Rp 14 ribu/ Dolar AS

Pengamat Memprediksikan Rupiah Mampu Menembus Level Rp 14 ribu Dolar AS

HarianDepok.com- Bisnis- Nilai tukar rupiah semakin terpuruk dengan dollar Amerika Serikat (AS) yang harus kterkoreksi ke level Rp 13.237. levil ini digadang- gadang sebagai level yang sudah jauh dari fundamental rupiah serta berpotensi terpuruk lebih dalam hingga menembus level Rp 400/ dolar AS.

Latif Adam selaku pengamat ekonomi Lemabaga Ilmu Pengetahuan Indoensia (LIPI) menyatakan volatilitas kurs rupiah mencapai 6 persen lebih, seharusnya berada pada kisaran angka Rp 12.400 hingga Rp 12.500/ dolar AS. Sedangkan untuk tahun lalu, rupiah berada pada level angka Rp 11.800/ dolar AS.

“Akan tetapi karena pengaruh sentimen saat ini sulit diperkirakan karena adanya faktor internal dan global, maka bisa juga kurs rupiah menembus level Rp 13.500/ dolar AS, bahkan bisa mencapai angka Rp 14.000/ dolar AS”, Ungkap Adam, Senin (16/ 3/ 2015).

Lebih jauh ia memaparkan bahwa, rapor merah yang terjadi pada defisit neraca transaksi berjalan 2,9 persen dari PDB (Produk Domestik Bruto) yang sangat mengganggu eknomi Indonesia. Ini adalah pekerjaan rumah dari pemerintah serta Bank Indonesia (BI) yang segera harus diselesaikan.

Faktor lain yang ada diluar domestik bruto adalah adalah aksi lihat dan tunggu investor terhadap kebijakan yang dilakukan oleh The Federal Reserve yang rencananya akan menaikan suku bunga acuanya.

“Belum ada kejelasan mengenai kapan akan dinakanya, ada yang menyebutkan pada kuartal akhir dan pertengaghan tahun ini, oleh karena itu tidak bisa dikontrol. Ini lah yang meyebabkan volatilitas rupiah semakin tinggi,” ungkapnya.

Selain itu, kebijkan dar Bank Sentral AS, Janet Yellen menurut Adam memberikan penuh ketidak pastian karena model kepemimpinan wanita tersebut yang kurang begitu transparan. Ia menjelaskan, gaya kepemimpinan tersebut jelas sangat berbeda dengan pimpinan pendahulunya yakni Ben Bernanke.

“Benanke sendiri pada setiap kebijakan yang diambilnya sangta transparan. Apabila 3 bulan lagi akan dilakukan, maka ya dimumkan. Oleh karena itu semua sudah pada Price in,” tutur Adam.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: