Kronologi Dua Pesawat Akrobatik TNI AU Bersenggolan di Udara

Kronologi Dua Pesawat Akrobatik TNI AU Bersenggolan di Udara

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Dua pesawat milik TNI Angkatan Udara model KT-1B Wong Bee jatuh ketika dalam sesi latihan gladi bersih sebelumdimulainya pelaksanaan acara Langkawi International Maritime & Aerospace Exibition (LIMA) 2015 di Malaysia, Minggu (15/03/2015). Pesawat tersebut diketahui milik Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU. Mayjen M Fuad Basya selaku Kepala Pusat Penerangan TNI mengungkapkan, awalnya JAT diketahui tengah melakukan atraksi di udara. Pesawat-pesawat tersebut telah dipersiapkan untuk unjuk kebolehan di depan banyak negara dalam acara kedirgantaraan Malaysia yang akan digelar pada Selasa (17/03/2015) esok.

Namun sekitar pukul 14.00, dua di antara enam pesawat terlibat senggolan ketika melakukan manuver di atas udara. Insiden senggolan itu terjadi ketika keduanya tengah berhadapan dari dua arah. Namun tidak disangka-sangka, kedua pesawat tersebut kemudian mengeluarkan api dan langsung menukik ke darat. Menurut Fuad ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (15/03/2015), “Ketika tengah mempersiapkan pergelaran Langkawi Exhibition memang terjadi saling senggol pesawat, sampai kedua pesawat itu jatuh dan terbakar.Yang satu jatuh di permukiman, yang satu di areal pegunungan,”

Ia menambahkan, bruntung empat personel pesawat itu, yang terdiri dari dua pilot dan kopilot itu selamat. Para pilot dilaporkan keluar hanya sepersekian detik sebelum pesawat benar-benar hancur di daratan. Sebelum pesawat jatuh ke tanah, mereka masih sempat menekan tombol kursi lontar. Usai berhasil keluar dari badan pesawat, ke empat pilot akrobatik itu kemudian mengaktifkan parasut untuk selanjutnya mendarat. Sayangnya Fuad belum bisa memastikan siapa empat orang yang dimaksud. “Kalau sudah ada informasi, nanti saya kabari lagi. Yang jelas sebelumnya pesawat sempat eject,” jelasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok