Penyidik Berhasil Ungkap Unsur Bom Kimia ITC Depok

Penyidik Berhasil Ungkap Unsur Bom Kimia ITC Depok

ilustrasi

HarianDepok.com – Berita , Unsur-unsur dari bom kimia yang ditemukan di mall ITC Depok, Jawa Barat pada 23 Februari lalu berhasil diurai oleh penyidik dan analis yang dilakukan di laboratorium forensik Mabes Polri. Seperti yang dikatakan seorang sumber yang menangani kasus tersebut pada beritasatu.com, Jakarta, Minggu (15/03/2015). “Ada lima unsur kimia di dalam larutan kimia itu, yang tentu tidak bisa kami publikasikan karena nanti bisa ditiru. Lima zat itu didapatkan setelah kami urai di laboratorium forensik. Gawatnya, unsur-unsur itu bisa dibeli di toko kimia biasa.”

Ia melanjutkan, dalam cairan kimia itu terdapat unsur kaporit yang menjadi salah satu unsur dominan yang dicampur sedemikian rupa dengan komposisi tertentu sehingga dapat menghasilkan kandungan yang mematikan. Menurut dia, bom kimia itu juga menggunakan pemicu yang sedikit rumit tetapi bisa dipelajari. “terdapat unsur filamen dari bola lampu dan karbit. Harapannya karbit akan mendidih karena filamen yang memanas setelah dipicu baterai dan dan memecahkan wadah yang memuat cairan kimia itu,” ungkap dia.

Ia menerangkan, karena ada unsur yang salah bom itu gagal menyebabkan reakasi yang menimbulkan gas sarin. Jika sampai cairan itu bereaksi dengan sempurna dan menimbulkan gas sarin, maka itu akan menimbulkan dampak yang serius. Seperti yang diberitakan, penyidik polri sudah memastikan cairan kimia yang tidak meledak tersebut diklaim sebagai campuran yang berbahaya dan bisa menyebabkan gas klorin dan ini merupakan tindakan teror.

[ TaufikHidayat/HD ]

 

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok