Kartunis yang Melecehkan Nabi Mendapat Penghargaan

Kartunis yang Melecehkan Nabi Mendapat Penghargaan

HarianDepok.com – Berita – Internasional, Untuk pertama kalinya, seorang kartunis Swedia yang menggambarkan Nabi Muhammad sebagai anjing tampil di muka publik. Lars Vilks sang kartunis menghadiri pemberian penghargaan untuknya, di Denmark, karena dianggap memiliki keberanian yang mewakili kelompok kebebasan pers.

Dilansir BBC News Sabtu (14/3/2015), Vilks menerima penghargaan tersebut dalam sebuah acara dengan pengamanan ketat. Ini merupakan penampilan pertamanya sejak bulan lalu, setelah seorang pria bersenjata menyerang kafe tempat Vilks menghadiri acara debat mengenai kebebasan berpendapat di Kopenhagen.

Selama ini Vilks memang kerap dikaitkan dengan kelompok kiri Swedia. Ia menerima penghargaan Sappho dari sayap kanan Denmark Masyarakat Kebebasan Pers.

“Saya seorang seniman dan karya seni saya mungkin sulit dimengerti. Banyak yang mencoba memahami maksud anjing (dalam gambar saya) itu. Saya sendiri tak memahaminya,” ujar Vilks.

Ia menyadari banyak yang percaya gambar tersebut merupakan bentuk penghujatan dan penghinaan terhadap Nabi Muhammad dan juga umat islam. Tapi ia menegaskan bahwa hal itu hanya sebuah karya seni.

“Saya menunjukkan karya saya pada dunia dan dunia harus menafsirkannya,” kata Vilks.

Sebelumnya, setelah kartun penggambaran Nabi Muhammad dipublikasi, berbagai kecaman meluncur kepada Vilks. Dan memicu penyerangan terhadap dirinya saat berada di Kafe Kopenhagen bulan lalu.

Perdana Menteri Denmark, Helle Thorning-Schmidt, mengatakan dua serangan yang terjadi di Kopenhagen, adalah aksi teror.

Pada konferensi pers bersama dengan Menteri Kehakiman Denmark, Mette Frederiksen pada Minggu (15/2/2015), Thorning-Schmidt mengutuk keras tragedi ini. Menurutnya, negaranya adalah negara yang demokratis, bebas, dan terbuka.

Namun, ia dengan tegas menekankan bahwa peristiwa ini tidak ada kaitannya dengan perang antara Islam dan Barat.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk bersatu melawan teroris,” ujar Thorning-Schmidt dikutip dari Anadolu, Senin (16/2/2015).

Terkait dengan penghargaan kepada Vilks, belum ada reaksi dan tanggapan dari berbagai pihak terutama dari umat islam yang merasa dilecehkan dengan penggambaran Nabi Muhammad dalam kartun yang dibuat oleh Vilks.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: