Mengurangi Jatah Tidur 30 Menit, Dapat Mengganggu Metabolisme Tubuh

Mengurangi Jatah Tidur 30 Menit, Dapat Mengganggu Metabolisme Tubuh

HarianDepok.com – Kesehatan, Tetap berikan istirahat tubuh anda meskipun banyak pekerjaan. Karena ketika anda mengurangi waktu istirahat anda dimalam hari maka metabolisme yang ada dalam tubuh bisa rusak. Efek yang demikian ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh. Penelitian ini merupakan hasil dari pertemuan endocrine society yang dilakukan di san diego.

Dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa mengurangi waktu tidur selama 30 menit saja, matabolisme yang dimiliki tubuh akan mengalami perubahan. Sementara itu salah satu peneliti asal weil cornell medical yang bernama Dr. Shahrad melakukan penelitian dengan merekrut 522 pasien.

Kemudian pasien tersebut dibagi dalam tiga kelompok, yang pertama kelompok dengan dilakukan perawatan biasa, kelompok intervensi aktifitas fisik dan kelompok diet yang juga intervensi fisik. Kamudian dari ketiga kelompok ini dijadikan sebagai obyek penelitian yang mana, sebelumnya tim peneliti melakukan pencatatan terlebih dahulu, mulai dari tinggi, berat badan sampai pada lingkar pinggang. Semengtara itu dari kesemua responden tersebut diberim buku catatan waktu tidur, serta utang waktu pada saat dihari kerja.

Dari penelitian yang dilakukan tersebut hasilnya adalah 72% dari total seluruhnya responden memiliki resiko gemuk ketika memiliki utang tidur. Dan enam bulan kemudian, waktu utang tidur ini brekaitan erat dengan obesitas dan juga resistensi insulin. Karena ketika terus- terusan mengurangi jatah tidur 30 menit saja mampu meningkatkan obesitas hingga 17%.

Oleh karena itu para peneliti dapat menyimpulkan bahwa akibat penggurangan jatah tidur ini mampu membuat metabolisme yang ada dalam tubuh menjadi terganggu dan akan mengalami resiko untuk gemuk. Banyak resiko negatif yang bisa memicu kondisi tubuh menjadi bahaya. Untuk itu tubuh harus bisa menyeimbangkan dengan cara memiliki pola hidup yang sehat salah satunya adalah dengan melakukan olahraga yang teratru dan juga pola makan yang sehat.

Karena seseorang akan bisa hidup dengan sehat jika kedua hal tersebut dapat dilakukan dengan baik. Karena sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: