Depok, Siap Ikuti Ujian Nasional Secara Online

Ujian Nasional Online, UJian Nasional Depok, UN Online 2015

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah kota Depok melalui Dinas Pendidikannya, mengatakan bahwa kota Depok telah siap untuk melakukan Ujian Nasional (UN) secara online pada April 2015 mendatang. Hal itu dikarenakan bahwa pada sebagian besar sekolah sekolah di Depok, telah memiliki sarana dan prasana pendukung dalam menghadapi Ujian Nasional secara Online.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan (Dikmenjur) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Tatik Wijayati mengatakan, bahwa dalam kesiapannya sekolah sekolah dikota Depok untuk mengikuti Ujian Nasional secara Online tersebut, telah didukung oleh fasilitas penunjang seperti komputer dan lain lainnya.

Terdapat lebih dari 20 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah menengah sederajat yang dinyatakan telah siap untuk mengikuti Ujian Nasional secara Online tersebut. Bahkan, beberapa waktu lalu SMA Negeri 3 kota Depok, sempat melakukan uji coba Ujian Nasional, kata Tatik, Jum’at (13/03/2015).

Menurut penuturannya, bahwa seluruh orang tua murid mengaku sangat setuju dengan diadakannya Ujian Nasional secara online tersebut, pasalnya untuk pelaksanaan UN Online tersebut, dalam sehari hanya akan ada satu mata pelajaran yang akan diujikan. Dan ini kali pertama dalam sejarah siswa kota Depok mengikuti Ujian Nasional secara online.

Ia pun menjelaskan, syarat syarat sekolah untuk dapat mengikuti Ujian Nasional secara online, sekolah sekolah harus memiliki fasilitas fasilitas pendukung, seperti komputer sebanyak 30 persen dari total keseluruhan jumlah siswa yang terdapat di sekolah tersebut. Misalnya, pada sekolah ‘A’ terdapat 200 siswa, maka jumlah komputer yang diperlukan sebanyak 60 unit.

Selain itu, sekolah sekolah yang telah siap untuk mengikuti Ujian Nasional secara online ini,fasilitas pendukung seperti komputer nantiny akan diperiksa kembali oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kemendikbud. Apabila sudah dinyatakan lulus oleh instansi terkait, maka sekolah tersebut sudah siap untuk mengikuti Ujian Nasional secara online.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: