Slogan Baru Kota Depok “Kota Ramah Lansia”

Slogan Baru Kota Depok Kota Ramah Lansia

Foto – health.kompas.com

HarianDepok.com – Depok, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya mengeluarkan berbagai program untuk menjadikan Kota Depok menjadi lebih baik dan maju. Berbagai ide dan julukan atau slogan untuk telah diluncurkan agar dapat dapat dilaksanakan.

Beberapa program dan slogan yang telah ada yaitu Belimbing Sebagai ikon Kota Depok, Depok Kota Layak Anak, Depok Kota Ramah Lingkungan, Depok Kota Pendidikan, Depok Cinta Bersih, One Day No Car, One Day No Rice yang sempat melambungkan Kota Depok hingga tingkat Nasional dan masih banyak lagi program dan slogan yang telah diluncurkan, namun sayangnya banyak program dan slogan itu tidak berjalan sesuai harapan bahkan terkesan hanyalah sebuah pencitraan belaka.

Meskipun begitu, Pemkot Depok kembali mencanangkan program Depok sebagai Kota Ramah Lansia. Program atau slogan tersebut didasari karena meningkatnya usia harapan hidup membuat jumlah penduduk berusia diatas 60 tahun bertambah secara signifikan di Kota Depok.

”Masyarakat lanjut usia pada umumnya membutuhkan perhatian dan tuntunan lebih, terutama di masa senja agar mereka tetap semangat meski sudah usia lanjut,” ujar Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kota Depok, Dewi Syarifah saat talkshow menyambut Hari Lansia Nasional di Depok, Jawa Barat (Jabar), Kamis (12/3/2015).

Ia menjelaskan jumlah lansia di Depok terus bertambah dari tahun ke tahun. Untuk 2012 mencapai 4,75 persen jumlah lansia, pada 2013 hanya 4,77 persen, sedangan pada 2014 naik jadi 5,5 persen dari jumlah penduduk Depok yang mencapai 2.033.508 jiwa. Dari data tersebut jumlah penduduk lansia selalu meningkat dan perlu langkah serta kebijakan khusus untuk menanganinya.

”Lansia harus lebih diperhatikan dan diberi semangat. Apalagi secara demografi Indonesia menduduki posisi kelima dengan jumlah lansia terbanyak di dunia,” ujar Dewi.

Saat ini Depok akan dirancang dan dikembangkan sebagai kota yang ramah bagi para lansia. Sebelumnya juga Kota Depok telah berkomitmen sebagai kota layak anak. Menurutnya, biasanya kota layak anak sejalan dengan kota ramah lansia.

”Melihat data tersebut, sudah seharusnya Depok komitmen untuk menjadi kota ramah lansia,” tambahnya.

Pecanangan Depok sebagai Kota Ramah Lansia mencakup delapan aspek yang harus terus ditingkatkan antara lain penyediaan fasilitas kesehatan, sosial, lingkungan, komunikasi dan informasi, infrastruktur, transportasi, hukum, dan hak asasi manusia, serta sifat gabungan dari berbagai dimensi tersebut.

”Kami berharap semua pihak bisa mendukung Depok Kota Ramah Lansia. Perlu komitmen bersama untuk mewujudkanya, baik dari Pemkot Depok, masyarakat dan unsur lain,” tutup Dewi.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: