21 Bunga Nan Indah Dan Menakjubkan

3 (1)

HarianDepok.com – Berita Unik – Puspa, Bunga atau Kembang Bunga atau kembang (bahasa Latin: flos) adalah alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga Fungsi biologi bunga adalah organ seksual, sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Bahwa bunga adalah analog dengan organ seksual pada hewan baru disadari secara ilmiah pada abad ke-17 di Eropa.

Beberapa bunga memiliki warna yang cerah berfungsi sebagai pemikat hewan pembantu penyerbukan. Beberapa bunga yang lain menghasilkan panas atau aroma yang khas, juga bertujuan memikat hewan untuk membantu penyerbukan.

Manusia sejak lama terpikat oleh bunga, khususnya yang berwarna-warni sehingga memiliki arti kultural. Bunga menjadi salah satu penentu nilai suatu tumbuhan sebagai tanaman hias.

Bunga Sakura

Sakura (?, ??) bersama dengan bunga seruni, merupakan bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar awal April hingga akhir April. Sakura dapat terlihat di mana-mana di Jepang, diperlihatkan dalam beraneka ragam barang-barang konsumen, termasuk kimono, alat-alat tulis, dan peralatan dapur. Bagi orang Jepang, sakura merupakan simbol penting, yang kerap kali diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, serta juga merupakan simbol untuk mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. Sakura juga menjadi metafora untuk ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal.

Passion Flower

Passiflora atau Passion flower adalah sebuah genus tanaman berbunga tahunan lebih dari 500 spesies. Bunga ungu ini terdiri dari sepuluh kelopak. Hal terbaik tentang bunga ini adalah fakta bahwa ia memiliki tampilan yang unik dan sangat cantik. Tanaman ini juga memiliki nilai obat tinggi.

Gazania

Gazania adalah asli ke Afrika Selatan. Dikenal sebagai bunga keberuntungan. Hal terbaik tentang bunga ini adalah bahwa bunga ini tersedia dalam berbagai pola aneh daam warna-warna seperti ungu, pink, merah tua, dan kuning.

Plumeria

Plumeria atau di Indonesia dikenal sebagai Kemboja, merupakan sekelompok tumbuhan dalam genus Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harum sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai. Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib. Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah. Nama Plumeria diberikan untuk menghormati Charles Plumier (1646-1706), pakar botani asal Perancis. Walaupun berasal dari tempat yang jauh, kemboja sekarang merupakan pohon yang sangat populer di Pulau Bali karena ditanam di hampir setiap pura serta sudut kampung, dan memiliki fungsi penting dalam kebudayaan setempat. Di beberapa tempat di Nusantara, termasuk Malaya, kemboja ditanam di pekuburan sebagai tumbuhan peneduh dan penanda tempat.

Magnolia

Magnolia adalah salah satu genus tumbuhan berbunga yang dikenal luas karena bunganya yang indah atau menyebarkan aroma yang harum. Nama genus ini diambil dari botaniwan Prancis, Pierre Magnol.

Marga Magnolia menunjukkan ciri-ciri evolusi primitif. Perhiasan bunganya tidak tersusun dalam lingkaran berlapis, seperti kebanyakan bunga, tetapi tersusun secara spiral. Fosil-fosilnya berumur sampai 20 juta tahun, sehingga diketahui bahwa Magnolia berevolusi lebih awal daripada lebah. Bunganya tidak dirancang untuk diserbuki oleh lebah tetapi kumbang.

Persebaran jenis-jenis Magnolia tidak kontinu. Pusat keanekaragaman utamanya adalah di Asia Tenggara dan Asia Timur. Pusat persebaran sekunder adalah di benua Amerika. Beberapa jenis Magnolia dikenal sebagai tumbuhan penghias kebun dan pelengkap upacara tradisional Nusantara, seperti cempaka dan kantil.

Colorado Columbine

Tumbuh tinggi di Rocky Mountains, Colorado Columbine adalah hadiah untuk menyambut para pendaki pegunungan setinggi 14.000 kaki di Colorado.

Chrysanthemum

Bapak taksonomi modern, Carolus Linnaeus memberi bunga ini namanya yang berarti bunga emas dalam bahasa Yunani. Chrysanthemum yang dikenal di indonesia dengan nama Seruni, biasanya ditemukan dalam warna kuning tapi ada variasi karena persilangan dengan bunga terkait lainnya dan sekarang ada orang-orang yang keluar sebagai pink, merah atau bahkan ungu. Bunga nasional Jepang ini dalam bahasa Jepang disebut sebagai ?? (kiku). Karena aromanya yang wangi , bunga ini sering di tambahkan ke dalam teh agar lebih wangi dan nikmat

Hydrangea

Hydrangea atau Hortensia adalah nama genus dari 70-75 spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan (Jepang, Tiongkok, Himalaya, Indonesia), Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sebagian besar spesies berasal dari Jepang dan Tiongkok. Tanaman semak dengan tinggi 1 sampai 3 meter, tapi ada juga yang merambat di tanaman lain hingga mencapai ketinggian 30 meter. Daun berbentuk bulat telur, tepi beringgit, warna hijau muda berkilau. Selain dari spesies yang tumbuh di daerah beriklim sejuk yang memiliki sifat menggugurkan daun (tumbuhan peluruh), sebagian besar spesies merupakan tumbuhan hijau abadi.

Hortensia juga dikenal dengan nama kembang bokor, sedangkan dalam bahasa Melayu dikenal dengan nama bunga tiga bulan. Pada tanaman ini yang terlihat seperti daun mahkota sebenarnya adalah daun kelopak.

Bunga berwarna putih pada sebagian besar spesies, tapi beberapa spesies terutama H. macrophylla mempunyai bunga yang bisa berwarna biru, merah, merah jambu, atau ungu bergantung pada tingkat pH tanah. Sewaktu masih kuncup, bunga berwarna hijau, berubah menjadi putih, sewaktu mekar berwarna biru muda atau merah jambu yang secara bertahap berubah menjadi warna-warna yang lebih tua tua (biru tua atau merah) sebelum bunga rontok. Tanah yang bersifat asam menghasilkan bunga berwarna biru, tanah dengan pH normal menghasilkan bunga berwarna putih krem, dan tanah yang bersifat basa menghasilkan bunga berwarna merah jambu atau ungu. Hortensia merupakan salah satu dari tanaman yang pada daun bunga mengumpulkan unsur aluminium yang dilepaskan tanah yang bersifat asam sehingga bunga menjadi berwarna biru.

Begonia

Begonia merupakan tanaman dari keluarga Begoniaceae. Spesies tanaman ini di seluruh dunia diperkirakan mencapai 1500 jenis. Bunganya berwarna putih, merah jambu, merah menyala, atau kuning dan sering dihiasi dengan daun yang menarik, banyak spesies yang telah dibudidayakan dalam bentuk hibrida dan kultivar.

Black Eyed Susan

Rudbeckia hirta, biasa disebut Susan Bermata Hitam, adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Asteraceae, asli Timur Tengah dan Amerika Serikat. Tanaman ini juga sering dijadikan ramuan obat tradisional suku asli Amerika

Bleeding Heart

Lamprocapnos spectabilis (biasa disebut Bleeding Heart) adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga poppy Papaveraceae, asli Siberia, China utara, Korea dan Jepang. Ini adalah satu-satunya spesies dalam genus Lamprocapnos, namun masih banyak direferensikan di bawah nama Dicentra spectabilis (sekarang terdaftar sebagai sinonim). Bunga-bunga berwarna merah, merah muda atau putih dan muncul pada bulan April-Juni. Di Indonesia dikenal dengan nama Air Mata Pengantin

Blue Bells

Pada musim semi, banyak hutan Eropa ditutupi oleh karpet bunga ini, salah satunya adalah hutan Hallerbos yang Bunga ini dianggap melambangkan kesendirian dan penyesalan.

Canna

Canna tidak hanya memiliki bunga cantik, tapi juga daun yang indah (sering disamakan dengan tanaman pisang) yang datang dalam berbagai warna yang menakjubkan. Dipopulerkan di zaman Victoria, Cannas adalah tanaman kebun populer.

Dendrobium

Dendrobium adalah genus besar anggrek tropis yang mencakup lebih dari seribu spesies yang biasa digunakan sebagai tanaman hias ruang atau taman. Bunganya sangat bervariasi dan indah. Dendrobium relatif mudah dipelihara dan berbunga.

Ixora

Bunga Ixora, juga biasa disebut West Indian Jasmine, sering digunakan dalam ibadah Hindu, serta dan juga dalam ramuan obat rakyat India. Tanaman ini secara tradisional dikaitkan dengan peningkatan seksualitas dan gairah.di Indonesia dikenal dengan nama kembang sokka

Lantana

Bunga-bunganya yang indah dengan warna pink dan kelopak kuning, adalah magnet bagi kupu-kupu. Tanaman semak ini bisa tumbuh menjadi cukup besar dan warna kelopak berubah seiring usia tanaman.

Lily of the Valley

Lily of the valley, adalah tanaman berbunga di hutan yang sangat beracun yang ditemukan di belahan bumi utara di Asia, dan Eropa yang beriklim dingin.

Teratai

Teratai (Nymphaea) adalah nama genus untuk tanaman air dari suku Nymphaeaceae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai water-lily atau waterlily. Tanaman tumbuh di permukaan air yang tenang. Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun. Daun berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air. Bunga terdapat pada tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpang. Diameter bunga antara 5–10 cm. Teratai terdiri dari sekitar 50 spesies yang tersebar dari wilayah tropis hingga daerah subtropis seluruh dunia. Teratai yang tumbuh di daerah tropis berasal dari Mesir.

Dahlia

Dahlia adalah tanaman perdu berumbi yang sifatnya tahunan (perenial), berbunga di musim panas sampai musim gugur. Dahlia adalah bunga nasional negara Meksiko yang juga merupakan negara asal.

Bunga Dahlia yang kita kenal sekarang terdiri dari ratusan kultivar. Sebagian besar varietas tanaman Dahlia menghasilkan bunga yang warnanya cerah dan mempesona, sehingga Dahlia merupakan komoditas penting bagi industri bunga potong dan tanaman pot. Bunga Dahlia dinamakan untuk menghormati ahli botani berkebangsaan Swedia dari abad ke-18 yang bernama Anders Dahl.

Tulip

Tulip (bahasa Latin: Tulipa) merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki.

Tulip merupakan tumbuhan tahunan berumbi yang tingginya antara 10–70 cm, daunnya berlilin, berbentuk sempit memanjang berwarna hijau nuansa kebiru-biruan, dan bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun mahkota. Tulip hasil persilangan menghasilkan bunga berwarna tunggal, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, atau berbagai macam kombinasi dan gradasi warna. Tulip menghasilkan biji-biji berbentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering. Seperti halnya bunga mawar, lili, anggrek dan peony, tulip adalah tanaman bunga yang paling banyak dibudidayakan manusia.

Mawar

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm dengan dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Bunganya terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Diantara warna yang dimiliki oleh mawar adalah putih, merah muda, kuning dan biru pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Bunga mawar benar-benar bunga yang paling indah di dunia, baik dari segi penampilan maupun aroma yang ditebarkan. Bunga ini digunakan pada acara yang berbeda-beda. Kebanyakan orang menyebut bunga ini dalam tema cinta.

 

 

 

[Irma wulandari/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer