Warga Depok Akan Diberi Sanksi Jika Enggan Memilah Sampah

Warga Depok Akan Diberi Sanksi Jika Enggan Memilah Sampah

HarianDepok.com – Berita , DPRD Kota Depok sedang mengkaji peraturan untuk memberikan sanksi untuk warga yang enggan melakukan pemilahan sampah. Rencananya sanksi yang akan diberikan berupa denda 10 kali lipat dari biaya retribusi pengangkutan sampah biasanya. Seperti yang diungkapkan Wakil Ketua DPRD Depok, Suparyono, bersama Pemkot pihaknya sedang membuat peraturan yang berisi sanksi untuk perumahan yang belum melakukan pemilahan sampah. Karena sampai sekarang masih banyak perumahan yang belum menjalankan Peraturan Daerah (Perda) soal pengolahan sampah.

Menurut Wakil Ketua DPRD Depok Suparyono, Rabu (11/03/2015) kemarin, “Setiap warga perumahan yang tidak melakukan pemilahan akan dikenakan sanksi membayar 10x lipat dari biaya retribusi pengangkutan biasanya. Dan tidak lama lagi rencana tersebut akan terwujud.” Suparyono mengungkapkan, pihaknya sengaja membuat aturan tegas seperti itu karena Perda Pengelolaan Sampah sudah menggratiskan biaya retribusi bagi warga yang telah melakukan pemilahan.

Ia melanjutkan, sehingga warga cukup memberikan upah kepada tukang sampah yang membawa sampah mereka ke lokasi penampungan sampah sementara. Ia pun menegaskan, “Semua itu dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya melakukan pemilahan sampah,” Ia menambahkan, peraturan sengaja dibuat supaya tidak ada lagi sampah yang masuk ke TPA Cipayung. Karena TPA Cipayung sudah sangat overload. “Kita berharap sampah yang masuk ke Cipayung tinggal sampah yang sulit diolah saja,” ungkapnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

 

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok