Peserta Konferensi Asia-Afrika Akan Diberi Batu Akik sebagai Cinderamata

Peserta Konferensi Asia-Afrika Akan Diberi Batu Akik sebagai Cinderamata

HarianDepok.com – Berita – Nasional, Demam batu akik yang melanda tanah air masih belum surut. Bahkan, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menyatakan, para kepala negara yang akan menghadiri peringatan Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60, April mendatang di Bandung, akan dihadiahi batu akik sebagai cinderamata.

Cinderamata khusus juga telah disiapkan bagi para tamu undangan yang hadir. Para tamu undangan tersebut akan diberikan goodie bag khas yang menunjukkan kreatifitas kota Bandung dan Indonesia.

Dalam goodie bag tersebut, tedat benda-benda kreatif mulai dari batik, brosur mengenai Bandung hingga batu akik. “Batu akiknya dua ukuran,” kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil di Bandung, Rabu (11/3/2015).

Selain itu, Pemkot Bandung juga secara khusus mengirimkan surat berbentuk video kepada 109 negara undangan. Video itu melibatkan 109 sekolah. Tiap-tiap negara akan mendapat sambutan khusus dari sekolah tersebut di akhir video yang dikirimkan oleh Pemkot Bandung.

Selain akan menjamu 109 tamu undangan dari peserta konferensi, Kang Emil juga mengatakan akan membuat rekor dunia dengan suguhan 20 ribu angklung.”Akan ada permainan 20 ribu angklung pecahkan rekor dunia,” imbuhnya.

Pemerintah Kota Bandung juga akan menghias jalan secara khusus dengan batu bola. Sebanyak 109 batu bola akan di grafir dengan nama-nama negara yang hadir dan dipasang di sepanjang Jalan Asia Afrika.

Sementara itu, Polda Jawa Barat secara khusus akan menerjunkan 4.000 personel untuk mengamankan Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) Ke-60 di Kota Bandung pada April 2015.”Kekuatan anggota sendiri kami siagakan 4.000 orang dan itu akan ada di sejumlah titik penyelenggaran KAA,” kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Mochammad Iriawan, di Bandung, Rabu (11/3/2015).

Ia memastikan pihak Kepolisian akan memberikan pelayanan keamanan yang terbaik dalam Peringatan KAA Ke-60 nanti.”Insya Allah kita akan all out (maksimal) karena ini kan menjadi pertaruhan kita Republik Indonesia di hadapan negara lain,” ujar Kompol Iriawan.

Selain dari aparat kepolisian, pihaknya juga dibantu aparat TNI untuk pengamanan acara tersebut.”Kita juga akan dibantu oleh TNI. Jadi Insya Allah untuk pengamanan akan maksimallah,” imbuhnya.

Selain itu, akan ada pengamanan khusus jika rombongan negara peserta dan delagasi pulang menggunakan kereta api dari Bandung ke Jakarta.”Itu baru opsi lain. Kalau faktor cuaca atau udara tidak mendukung. Maka alternatif pakai kereta bukan naik pesawat,” pungkasnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)