Pihak Agen Wisata Enggan Berkomentar atas Hilangnya 16 WNI di Turki

Pihak Agen Wisata Enggan Berkomentar atas Hilangnya 16 WNI di Turki

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sebanyak 16 warga negara Indonesia (WNI) masih dinyatakan hilang hingga saat ini di Turki. Diduga mereka sengaja memisahkan diri dari rombongan yang awalnya berjumlah 25 orang.

Rombongan ini menggunakan jasa agen wisata Smailing Tour. Namun saat dimintai keterangan mengenai 16 WNI yang hilang di Turki melalui telepon, tak ada yang berani memberikan penjelasan.

“Kami tidak bisa memberikan statement untuk saat ini,” ujar suara perempuan di ujung telepon.

Pihak agen wisata Smailing Tour mengatakan, untuk mendapatkan informasi terkait 16 WNI yang hilang tersebut dapat dilakukan pada saat jajaran direksi ada di kantor. Ia menambahkan, Putu Ayu Aristyadewi adalah orang yang berhak memberikan keterangan, tetapi saat ini Putu Ayu tidak di Indonesia.

Rombongan WNI ini berangkat dari Indonesia pada 24 Februari 2015 dari Jakarta menuju ke Turki dengan menumpang pesawat Turkish Airlines TK 67. Setiba di bandara, 16 orang ini meminta izin berpisah. Mereka berjanji akan kembali bergabung pada 26 Februari 2015 di Pamukkale, Turki.

Namun hingga jadwal kepulangan pada 4 Maret 2015, ke-16 orang ini tak kembali sesuai janji mereka. Banyak yang menduga 16 WNI tersebut direkrut oleh ISIS, karena Negara Turki memang berbatasan langsung dengan Suriah.

Namun, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir tak mau mengaitkan menghilangnya ke-16 orang ini dengan Islam Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Masih dalam penyelidikan,” kata dia.

Namun, menurut salah seorang dalam rombongan wisata tersebut, Tata, ke-16 WNI ini sempat berkirim pesan kepada pemimpin rombongan beberapa waktu sebelum jadwal kepulangan ke tanah air.

“Mereka menjawab tidak akan bergabung dengan rombongan dan akan memberi tahu kapan waktu yang tepat mereka akan kembali,” kata dia.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok