Timnas U-23 Tumbang dikalahkan Vietnam

Timnas U-23 Tumbang dikalahkan Vietnam

HarianDepok.com – Olahraga – Sepakbola , Tim nasional Indonesia U-23 dipaksa menelan pil pahit saat berlaga dalam pertandingan persahabatan  melawan Vietnam U-23 hari Senin, 9 Maret 2015, karena kalah 0-1 di Hanoi. Meskipun kalah, Aji Santoso selaku pelatih Timnas U-23 tetap optimistis melihat permainan anak asuhnya.

Dalam pertandingan tersebut, selama 75 menit pertama pertandingan, timnas bermain tidak maksimal. Bahkan, beberapa pengamat menilai performa Evan Dimas dkk sangat jauh jika dibandingkan dengan Vietnam. Timnas Indonesia tampak kesulitan membangun penyerangan pada babak pertama. Sedangkan Vietnam tampil agresif dengan beberapa kali memaksa kiper, M. Natshir, bekerja keras.

Indonesia sebenarnya sempat menciptakan peluang, namun tidak terlalu membahayakan gawang Vietnam. Peluang terbaik Indonesia hadir di menit ke-44 lewat Antonio Putro Nugroho, namun tendangannya gagal berbuah gol. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Vietnam terus meningkatkan tempo permainan dan memaksa Indonesia lebih banyak bertahan. Vietnam nyaris unggul di menit ke-51 lewat sundulan Vo Huy Toan, yang cukup membahayakan gawang Indonesia.

Dengan serangan yang bertubi-tubi oleh Vietnam, memaksa M. Natshir memungut bola dari gawang yang dijaganya. Pada menit ke-74. Sontekan kepala Nguyen Hu Dung menyambut umpan silang, membuat bola jatuh di depan gawang Indonesia. Vo Huy Toan yang beraada didalam kotak penalty pun pun sukses mencocor bola untuk buat skor jadi 1-0 yang bertahan sampai menit akhir pertandingan.

Namun, Aji melihat sisi positif dari laga ujicoba tersebut. Karena menurutnya, Indonesia hanya kalah beruntung bukan secara taktik.

“Pemain Indonesia sudah bermain bagus pada pertandingan hari ini, meski mereka masih membuat kesalahan mendasar. Saya pikir gol tadi bukan karena taktik Vietnam,” ujar Aji.

Faktor dukungan juga dinilai berpengaruh terhadap penampilan timnas U-23.

“Selain itu, penyerang kami juga kurang efisien. Secara keselutuhan, Indonesia bisa meraih hasil positif kalau pertandingan digelar di tempat netral,” lanjutnya.

Aji mengungkapkan kalau saat ini timnas u-23 belum dalam formasi terbaiknya, karena tercatat masih ada tiga pemain yang masih absen akibat berbagai alasan.

“Kami baru mencapai 80-90 persen dari kondisi terbaik. Dalam kualifikasi Piala Asia nanti, Indonesia akan menambah lima pemain lagi. Kita lihat saja bagaimana hasilnya,” ujar Aji menjawab pertanyaan media Vietnam.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)