Tips Bagi Anda Yang Ingin Melakukan Kredit Mobil

Tips Bagi Anda Yang Ingin Melakukan Kredit Mobil

HarianDepok.com – Otomotif, Memiliki kendaraan seperti mobil saat ini sudah seperti menjadi kebutuhan. Hal ini terlihat dari banyaknya produsen mobil yang menawarkan “mobil murah” untuk kalangan ekonomi kelas menengah.

Namun, seperti halnya baju, ternyata jual beli mobil pun memiliki tren. Menjelang lebaran atau hari raya idul fitri, harga pasaran mobil bekas dan baru biasanya akan melonjak.

Jika saat ini Anda berencana untuk membeli mobil, baru ataupun bekas dengan cara kredit, perhatikan kiat dari Safir Senduk, perencana keuangan dari Safir Senduk dan Rekan berikut.

Dikutip dari parent Indonesia, Safir menerangkan hal yang utama dari kredit mobil yaitu menentukan besarnya cicilan kredit.

“Tentukan berapa jumlah cicilan mobil yang sanggup Anda bayar, dengan perhitungan cicilannya tidak lebih dari sepertiga penghasilan per bulan,” ujar Safir.

Selain itu, perhitungkan pula anggaran untuk biaya perawatan, bahan bakar dan asuransinya.

Berikutnya adalah menentukan waktu yang tepat untuk membeli mobil. Menurut Safir, Saat paling tepat bernegosiasi harga biasanya adalah di akhir bulan. karena pada saat akhir bulan tersebut para penjual mobil sedang berusaha untuk mencapai target penjualan. Demikian juga beberapa minggu sebelum Lebaran atau Natal serta saat pameran otomotif, karena biasanya akan diberikan bonus menarik.

Anda juga harus memilih sumber pembiayaan yang tepat untuk kreit kendaraan Anda. Anda bisa memilih dua lembaga pembiayaan untuk kredit. Bisa dari perusahaan pembiayaan (multifinance) dan bank. Kedua sumber pembiayaan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Satu contoh, bank dapat memberikan bunga lebih kecil dari multifinance, tetapi proses pengajuan kreditnya lebih ketat. Sedangkan multifinance justru sebaliknya. Namun, bank bisa memberikan jadwal ulang pembayaran kredit jika Anda nantinya kesulitan.

Meskipun uang muka (DP) bisa dicicil, namun Anda disarankan untuk tidak membayar DP dari dana pinjaman lembaga keuangan ataupun bank agar Anda tidak memiliki dua kewajiban angsuran. Jai usahakan DP dibayar tunai dari uang yang telah Anda siapkan sebelumnya.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: