Sumur Minyak PT Medco E&P Terbakar dan Sulit dipadamkan

Sumur Minyak PT Medco E&P Terbakar dan Sulit dipadamkan

HarianDepok.com – Berita – Nasional, Sumur Minyak Telaga 57 milik PT Medco E&P Malaka di Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur, Aceh terbakar, Minggu (8/3/2015). Kebakaran hingga menyebabkan semburan api yang cukup tinggi.

Informasi dari petugas pos PT Medco, musibah kebakaran tersebut terjadi pukul 04.00 WIB. Sampai saat ini, Senin (9/3/2015), api masih menyala dengan ketinggian antara 15 hingga 20 meter.

“Bahkan menurut warga yang baru saja kembali dari lokasi, api semakin besar,” kata Syifa yang merupakan fotografer dari kantor berita Antara yang baru pulang dari lokasi, Senin dini hari pukul 03.00 WIB.

Sumur gas tersebut berada di tengah hutan dan daerah perbukitan di Dusun TB IV Desa Blang Nisam, Kecamatan Indra Makmur atau sekitar 350 kilometer arah timur Banda Aceh. Dari jalan Banda Aceh-Medan (Sumatra Utara) masuk ke dalam sekitar 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor.

Syifa mengatakan bila dilihat dari kondisi sumur, sepertinya api akan sulit untuk dipadamkan karena semburan apinya cukup kuat dan dalam radius 60 meter sudah terasa panasnya. Pemerintah daerah Aceh Timur dan PT Medco pada hari ini akan ke lokasi untuk melakukan upaya pemadaman.

Pihak kepolisian juga terus melakukan penyelidikan, karena menurut informasi ada dugaan sabotase. Karena sebelum kejadian sempat ada orang yang berupaya melakukan pencurian minyak melalui sumur tersebut.

Sementara itu, PT Medco yang berkantor di Langsa, Kota Langsa, hingga berita ini diturunkan belum bisa memberikan konfirmasi apapun terkait kebakaran yang terjadi di Sumur Minyaknya termasuk dugaan sabotase yang menjadi penyebab kebakaran.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: