Google Ikut Peringati Hari Perempuan Internasional

Google Ikut Peringati Hari Perempuan Internasional

HarianDepok.com – Berita – Internasional, Raksasa teknologi, Google selalu mengapresiasi perayaan hari-hari besar atau hari bersejarah bagi tokoh-tokoh dunia. Minggu, 8 Maret 2015 yang merupakan Hari Perempuan Internasional juga ditampilkan dalam tampilan Google (Google Doodle).

Minggu, 8 Maret 2015, Google mengganti tampilan gambar Google Doodle menjadi berbagai macam animasi kegiatan perempuan, dari mulai pengajar, pemusik, pelukis, koki, ilmuan,bahkan olahragawan.

Gambar tersebut sama dengan tema Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Hari Perempuan Internasional tahun ini, yaitu pemberdayaan perempuan.

Gambar tersebut menyampaikan pesan bahwa perempuan bisa melakukan banyak hal. Tahun lalu Google merayakan Hari Perempuan Internasional dengan menampilkan lebih dari 100 tokoh perempuan terkenal dan memberikan pengaruh didunia, sebut saja Lady Diana, lalu peraih Nobel, Malala Yousafzai, dan juga legenda Bollywood, Asha Bhonsle.

Sejarah peringatan Hari Perempuan Internasional yaitu pertama kali dirayakan di Chicago, Amerika Serikat, tepatnya pada 3 Mei 1908. Kemudian pada 1914, secara meluas Hari Perempuan Internasional mulai dirayakan pada 8 Maret. Pada perayaan dan peringatan ini, perempuan dan laki-laki di seluruh dunia merayakan pencapaian sosial, politik dan ekonomi perempuan pada Hari Perempuan Internasional.

Organisasi-organisasi di seluruh dunia juga ikut merayakan Hari Perempuan Internasional dan memilih sendiri tema yang sesuai dengan konteks negara masing-masing.

Seperti di Filipina, kelompok-kelompok HAM perempuan berpawai di ibukota Manila menyerukan kenaikan upah minimum.Sementara itu di India, perempuan ikut berpartisipasi dalam pawai mobil dan sepeda guna menuntut keadilan dan keselamatan bagi perempuan.

Selain peringatan dengan acara berupa perayaan, di beberapa Negara, seperti Turki, Hong Kong, Afganistan, dan Bangladesh peringatan Hari Perempuan Internasional diwarnai demonstrasi dan pawai simpatik, di mana sekelompok laki-laki mengenakan burka guna mendukung hak-hak perempuan.

Pada hari Minggu (8/3/2015) Presiden Amerika Barack Obama juga mengeluarkan pernyataan tertulisnya mengenai Hari Perempuan Internasional, ia mengatakan “kesenjangan antara nilai-nilai yang inheren ada pada perempuan dan bagaimana perlakuan terhadap mereka setiap hari merupakan salah satu ketidakadilan pada masa kini” tulisnya.

Obama menambahkan pemerintahannya akan terus berupaya memastikan agar perempuan dan anak perempuan diperlakukan sebagai manusia sepenuhnya dan memiliki hak-hak dan martabat yang setara.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok