Tanggal 9 Maret Di Peringati Sebagai Hari Musik Nasional

Tanggal 9 Maret  Di Peringati Sebagai Hari Musik Nasional

HarianDepok.com – Berita – Nasional, Tepat hari ini Senin (9/3/2015), masyarakat khususnya para musisi tanah air memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh setiap 9 Maret tiap tahunnya. Tanggal 9 Maret dipilih sebagai penghormatan kepada WR Soepratman, sang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dan melalui hasil rapat Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dengan para menteri, mengeluarkan Keppres Nomor 10 Tahun 2013 tentang penetapan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional.

Beragam perayaan pun dibuat publik dan insan musik Indonesia untuk meramaikan hari musik nasional tersebut, salah satunya terlihat di situs sosial media.

Seperti yang terlihat di media sosial microblogging, Twitter terlihat sejak pagi para tweeps (sebutan untuk pengguna twitter) meramaikan beragam cuitan ucapan selamat kepada para musisi favoritnya. Netizen yang ikut menyampaikan #harimusiknasional berharap para musisi dapat menghasilkan karya yang berkualitas sehingga dapat dihargai, dan juga berharap diperbanyak tayangan dan media untuk menunjang para musisi dalam menunjukkan karyanya. Selain cuitan berasal dari netizen, ternyata banyak pula cuitan yang dilontarkan para seniman maupun artis yang mendukung karya musik tanah air.

Saking banyaknya cuitan yang membanjiri traffic twitter mengenai hari musik nasional, perbincangan Hari Musik Nasional pun menjadi topik populer yang bertengger di trending topic. Nampak hastag #HariMusikNasional berada di peringkat pertama worlwide Twitter.

Bahkan, beberapa stasiun televisi membuat tema tersendiri untuk ikut merayakan hari musik nasional ini dan mengundang para musisi untuk hadir menyampaikan aspirasi dan harapannya terhadap industry musik Indonesia.

Sebelumnya, pada tahun 2013, Persatuan Artis, Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPRI) yang mengusulkan adanya Hari Musik Nasional kepada pemerintah agar karya para musisi Indonesia dapat lebih dihargai dan dinikmati oleh seluruh warga Indonesia. Dan tentunya sebagai harapan agar penetapan ini bisa memperbaiki kondisi industri musik di Tanah Air yang sering kali mati suri ditengah serbuan musik luar negeri yang membanjiri tanah air.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: