Rupiah Melemah, Harga Properti Masih Tetap Tenang

Rupiah Melemah, Harga Properti Masih Tetap Tenang

HarianDepok.com- Properti – Rupiah kini terus mengalami pelemahan hingga menembus level Rp 13.000/ dolar Amerika Serikat (AS). Dari sisi lain usaha properti menurut Eddy Hussy selaku ketua umum DPP Realestat Indonesia (REI), saat ini belum ada pengaruh yang begitu signifikan mengenai harga material ataupun rumah.

Terpuruknya rupiah baru terasa dalam beberapa waktu yang akan datang setidaknya 6 bulan. “Sementara itu, belum ada pengaruh yang terlalu jauh. Karena sebelumnya, nilai tukar Rp 12 ribu sekian, kurang dari Rp 13.000, “ ungkap Eddy. Minggu (8/ 3/ 2015).

Lebih lanjut ia menilai, rupiah belum akan memiliki pengaruh terhadap harga meterial bangunan. Sama halnya dengan bisnis properti, pengaruhnya sendiri tidak begitu terlihat dalam jangka waktu dekat karena naiknya sedikit sekali.

Hal itu dimungkinkan, pasalnya masyarakat sendiri sudah terbiasa dengan harga rumah atau material bangunan yang sedikit demi sedikit naik. Menurutnya, apabila terdapat koreksi harga material atau rumah, jangka waktunya pun cukup panjang. Tidak hanya serta merta ketika nilai tukar dollar menembus Rp 13.000, saat itu seluruh harga akan mengalami kenaikan.

“apabila bertahan terus hingga level Rp 13.000, maka akan berpengaruh berikutnya. Apabila bedanya tidak terlalu jauh, paling yang bisa dialakukan oleh kita adalah mengurangi untung. Namanya juga bisnis tidak bisa kita untung terus, untung pun juga tidak selalu tinggi,” Papar Eddy.

Tidak hanya bisnis properti saja, sektor- sektor bisnis lainya juga tidak terlalu kaku terhadap perubahan dari nilai tukar yang sedikit terpuruk, biasanaya menurut Eddy, pengusaha baru akan menyesuaikan harga setelah melihat dari kondisi selama 6 bulan yang akan datang.

Ketika tiba waktunya untuk menyesuaikan harga dengan nilai tukar rupiah, lebih lanjut Eddy mengungkapkan bahwa yang paling terpengaruh pada sektor ini adalah proyek apartemen kelas menengah atas, menurutnya apartemen kelas ini paling banyak menggunakan material dari luar negeri jika dibandngkan dengan apartemen yang ada dikelas menengah ke bawah.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)