Miris, SMA Negeri Depok Menumpang Di Sekolah Lain

Miris, SMA Negeri Depok Menumpang Di Sekolah Lain

HarianDepok.com – Berita – Beji , Pemerintah kota Depok sampai saat ini masih terkendala dengan kekurangannya lahan lahan untuk dapat membangun gedung gedung sekolah di kotanya, sehingga mengakibatkan beberapa sekolah negeri, terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajarnya di sekolah lain.

Beberapa sekolah negeri kota Depok yang sampai saat ini masih menumpang disekolah lain diantaranya adalah, SMA Negeri 11 Beji yang menumpang di sekolah SD Kemiri Muka 2, SMA Negeri 12 Cipayung yang masih menumpang di gedung SMP Negeri 9 Depok serta dan SMA Negeri 13 Depok yang menumpang di gedung SD Negeri Cisalak Pasar 3.

Atas permasalahan tersebut, kota Depok yang diagul agulkan menjadi salah satu kota percontohan di sektor pendidikan, masih diragukan kapasitasnya sebagai kota pendukung Ibukota yang baik. Pasalnya hingga sampai saat ini, pemerintah kota Depok, masih belum mampu untuk memenuhi kebutuhan gedung gedung sekolah sebagai penunjang sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar di kotanya sendiri.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana SMA/SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Dea Akhmadin ketika dikonfirmasi atas permasalahan tersebut oleh media pada minggu (08/03/2015), mengaku bahwa pihaknya memang kekurangan gedung gedung sekolah yang mengakibatkan sekolah sekolah tersebut masih menumpang di sekolah sekolah lainnya.

Menurutnya, pihaknya juga telah berencana untuk dapat membangun beberapa gedung gedung sekolah di kota Depok, namun hal tersebut masih mengalami kendala dengan keterbatasan lahan yang dimiliki oleh pemerintah kota Depok.

“Selama ini rencana pembangunan gedung gedung sekolah sebagai salah satu penunjang kegiatan belajar mengajar tersebut selalu tertunda, hal itu disebabkan oleh ketiadaan lahan. Untuk mendapatkan lahan dengan membebaskan lahan milik wargapun tidak mudah untuk dilakukan,” ungkap Dea.

Dirinya pun mengatakan, bahwa pada tahun 2016 mendatang, pembangunan gedung gedung Sekolah Menengah Atas Negeri di tiga dari sebelas Kecamatan kota Depok yaitu, di Kecamatan Beji, Cipayung dan Cimanggis, bisa dapat terealisasikan. Hal tersebut mengacu kepada Target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah kota Depok.

Anggota Komisi D DPRD Kota Depok Rezky M Noor menyesalkan permasalahan ketiadaan gedung gedung sekolah di kota Depok untuk dapat menunjang sekolah sekolah yang masih menumpang tersebut.

Padahal untuk lulusan SMP di kota Depok terbilang cukup tinggi dan banyak diantaranya mencari sekolah di daerah Jakarta Selatan akibat dari ketiadaan gedung gedung sekolah di tiga Kecamatan tersebut. Dirinya pun mengaku, bahwa untuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) setiap tahunnya selalu meningkat dan mencapai Rp.200 miliar.

Pemerintah kota Depok diharapkan untuk dapat segera mengambil tindakan mengenai permasalahan ini, sehingga generasi generasi penerus kota Depok bisa bersekolah dengan aman dan nyaman di kotanya sendiri tanpa harus menumpang lagi di sekolah sekolah lain.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: