Hasil Penelitian Siswi SMA : Kain Sutera Akan Lebih Lembut Jika Pakai Daun Pacar

Hasil Penelitian Siswi SMA : Kain Sutera Akan Lebih Lembut  Jika Pakai Daun Pacar

Foto : wartakotanews.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Dari hasil penelitian unik siswi SMA yakni Klarina Elsa Siti Sarah (15), dan Dinda Clarissa Aulia (17) yang lebih memilih daun pacar untuk mewarnai kain yang sebelumnya tidak terlalu diperhitungkan untuk pewarnaan pakaian selama bertahun-tahun. Daun pacar lebih sering digunakan untuk mewarnai rambut dan kuku itu ternyata bisa membuat kain sutera menjadi lebih lembut setelah dicelupkan dalam cairan ekstrak daun pacar itu.

Daun pacar ternyata mengandung 21 persen senyawa Phytol yang berperan dalam proses sintesis vitamin E. Dan juga mengandung vitamin E sebanyak 7 persen. Inilah yang membuat kain yang dicelupkan ke air ekstrak daun pacar menjadi lebih lembut. Dan akan mempunyai efek warna yang berbeda saat dikombinasikan dengan ekstrak tumbuhan lain, karena mempunyai kandungan Zat Pewarna Lawsone sebanyak 22 persen.

Mencelupkan kain sutera ke dalam ekstrak daun Indigofera akan membuat kain menjadi berwarna biru. Indigofera memang telah telah dikenal sejak lama digunakan agar menciptakan warna biru. Namun saat dicelupkan lagi ke dalam ekstrak daun pacar, warna birunya berubah menjadi lebih gelap. Lalu saat mencelupkan kain sutera ke dalam ekstrak kayu Tegeran, membuat kain berwarna kuning emas. Namun ketika ditambah dengan mencelupkan ke dalam ekstrak daun pacar, warnanya berubah menjadi kuning kehijauan. Dan kain pun menjadi jauh lebih lembut. Sedangkan jika kain sutera hanya dicelupkan ke dalam ekstrak daun pacar, warnanya akan berubah menjadi putih keemasan.

Lebih baik nya lagi hal ini tidak merusak lingkungan. Hasil dari penelitian dua gadis ini, air bekas mencelupkan kain ekstrak daun pacar itu ternyata bisa membuat tanaman menjadi lebih subur. Saat mereka mencobanya pada kecambah tauge, ada yang direndam dengan pewarna daun pacar dan ada kecambah yang direndam dengan air biasa dan. Dan hasilnya, kecambah yang direndam dengan pewarna daun pacar malah tumbuh lebih subur, dan akarnya pun berukuran jauh lebih besar daripada kecambah yang direndam di air biasa.

Karya ilmiah yang berjudul ‘Henna Leaves : Biodegradable and Natural Softener Textile dye’ ini mendapatkan medali emas di ajang Indonesia Science Project Olympiad (ISPO) 2015, Rabu (18/02/2015). Sarah dan Dinda membuat juri terpukau pada babak final dengan pengucapan memakai Bahasa Inggris. Di babak final, Karya mereka berhasil menyisihkan 123 karya peserta lain. Yang sebelumnya telah mnyisihkan 600 karya ilmiah lain dari pelajar SMP dan SMA lain se-Indonesia pada November 2014 lalu. Pada bulan Juni 2015 nanti, dua siswi ini akan berangkat ke Amerika Serikat. Mereka menjadi wakil dari Indonesia di Genius Olympiad di Oswego, New York.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok