Ikut Rayakan Hari Perempuan Internasional, Google Doodle Ganti Tema Hari Ini

Ikut Rayakan Hari Perempuan Internasional, Google Doodle Ganti Tema Hari Ini

HarianDepok.com – Berita – internasional , Hari ini Google mengganti tema Google Doodle sebagai bentuk perayaan hari perempuan internasional. Tanggal 8 Maret memang identik dengan perayaan hari Perempuan Internasional. Namun sebenarnya tidak hanya di tanggal 8 Maret saja hari Perempuan diperingati, tapi setiap hari juga kita harus memaknai hari untuk perempuan. Menurut laman Wikipedia.com, awal mulanya sejarah hari Perempuan Internasional itu untuk merayakan keberhasilan dan kesuksesan kaum perempuan di bidang ekonomi, sosial, dan politik

Selain itu, peristiwa bersejarah lainnya yang terkait dalam hari perempuan yakni, peringatan kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada tahun 1911. sebanyak 140 perempuan menjadi korban jiwa dalam tragedi kebakaran tersebut. Untuk yang pertama kali pada abad ke-20, gagasan peringatan perayaan Hari Perempuan Internasional itu berhasil dibuat. Kala itu kaum perempuan dari pabrik tekstil dan pakaian mengadakan protes tepatnya pada tanggal 8 Maret 1857 di New York City mengenai kondisi kerja.

Hal itu berkaitan dengan gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi besar-besaran sehingga menyebabkan kondisi kerja yang sangat buruk. Saat itu para buruh juga memprotes tingkat gaji yang rendah. Sebelumnya Hari Perempuan Internasional pernah dirayakan sekitar tahun 1910 hingga 1920, namun kemudian tidak dirayakan lagi dan tradisi itu menghilang. Pada tahun 1960, barulah perayaan ini kembali digelar seiring dengan bangkitnya feminisme. Dan pada tahun 1975, akhirnya Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) mulai mensponsori Hari Perempuan Internasional ini.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok