Perpustakaan kota Depok Perlu Penambahan Buku

Perpustakaan kota Depok Perlu Penambahan Buku

HarianDepok.com – Berita , Kepedulian pemerintah kota Depok dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam hal intelektualitas menjadi faktor utama berdirinya gedung perpustakaan yang saat ini berdiri di kompleks Balaikota Depok.

Dalam meningkatkan antusias masyarakat kota Depok, pemerintah kota Depok melalui instansi terkait saat ini tengah membenahi berbagai fasilitas fasilitas pendukung sarana dan prasarana gedung Perpustakaan tersebut. Untuk menunjang kebutuhan masyarakat kota Depok berencana akan menambah jumlah buku di dalam perpustakaan milik pemerintah tersebut.

Dikutip dari situs resmi kota Depok, Pemerintah kota Depok, telah menganggarkan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerahnya (APBD) di tahun 2016 nanti guna menambah jumlah buku buku bacaan yang hingga sampai saat ini masih di bawah standar aturan pemerintah pusat. Maka daripada itu, pemerintah kota Depok yang melalui dinas terkait untuk dapat segera merealisasikan penambahan buku di perpustakaan itu.

Hal ini diiyakan oleh Kepala Seksi Perpustakaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Ima Halima. Bahwa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota Depok dalam minat baca di perpustakaan tersebut, seharusnya pemerintah kota Depok sudah bisa menutupi kekurangan jumlah buku di perpustakaan itu.

Seperti yang diketahui bahwa jumlah buku di setiap daerah, harus disesuaikan dengan jumlah penduduk yaitu 0,025 perkapita dikalikan dengan jumlah penduduk yang ada. Saat ini kota Depok terdapat 2,40 juta jiwa, dari jumlah penduduk tersebut dikalikan dengan 0,025 maka jumlah buku yang harus disediakan adalah sebanyak 50 ribu buku.

Terkait dengan permasalahan tersebut, Ima mengaku akan mengusahakan tahun ini akan ada penambahan jumlah buku untuk perpustakaan Depok sebanyak 12 ribu dengan menggunakan APBD kota Depok. Dirinya pun juga akan meminta bantuan dari Gubernur Jawa Barat untuk menambah armada perpustakaan keliling dan Alat Peraga Edukatif (APE) untuk ditempatkan di ruang baca anak anak.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: