Badan Lingkungan Hidup Kota Depok Siap Tanam Ribuan Pohon

Badan Lingkungan Hidup Kota Depok Siap Tanam Ribuan Pohon

HarianDepok.com – Berita , Adipura adalah sebuah penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup yang paling dinanti nantikan oleh setiap kota. Program Adipura yang telah dijalankan oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 1986 silam setiap tahunnya, menjadi program utama yang selalu dilakukan oleh seluruh kota di tanah air. Hal itu dimaksudkan sebagai wujud nyata kepedulian pemerintah dalam memerangi polusi dan sampah sehingga kota kota di Indonesia menjadi kota yang ramah akan lingkungan dan bersih dari polusi.

Kota Depok pun tak kalah antusiasnya dengan kota kota lain dalam menyambut program Adipura. Pemerintah kota Depok melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) akan menggalakan aksi tanam 1.800 pohon di jalan jalan utama kota Depok serta mengadakan kegiatan bersih bersih di kawasan jalur sungai Ciliwung.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) kota Depok, Wijayanto mengatakan, untuk meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup, pihaknya akan melakukan aksi tanam ribuan pohon di jalan jalan protokol kota Depok serta melakukan aksi bersih bersih di sungai Ciliwung. Rencananya, kegiatan tersebut akan dilakukannya beserta seluruh anggotanya di pertengahan bulan maret tahun 2015 ini, ungkapnya pada Jum’at (06/03/2015).

Tak tanggung tanggung, demi mendapatkan penghargaan Adipura, Pemerintah kota Depok mengalokasikan Anggaran 2015 sebesar Rp.300 juta yang akan digunakan untuk mengejar nilai yang tertinggal pada perlombaan program Adipura tahun 2015 ini. Selain itu, pihaknya juga akan melibatkan TNI dan kepolisian kota Depok untuk turut serta berpartisipasi dalam perebutan penghargaan Adipura.

Semua perlengkapan dan bibit bibit pohon telah dipersiapkan untuk ditanam di beberapa lokasi yang sudah di rencanakan. “Kami akan tunjukkan bahwa kota Depok bukanlah kota terkotor seperti yang dikatakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup,” ujar Wijayanto.

Wijayanto juga mengungkapkan, untuk penanaman bibit bibit pohon nantinya akan ditanam di beberapa ruas jalan utama kota Depok dan di bantaran sungai sungai. Menurutnya hal tersebut sangatlah penting untuk mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor serta untuk mencegah terjadinya longsor pada bantaran kali.

Pihaknya juga akan melibatkan sejumlah organisasi organisasi pecinta lingkungan dan kebersihan untuk dapat turut serta melakukan aksi aksi tanam pohon nantinya. Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Depok untuk dapat mengolah sampah sampah kota depok agar bisa digunakan kembali sebagai pupuk salah satunya.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: