SD Serakah Di China, Pungut Rp 2.000 Tiap Murid Tidur Di Kelas

sd-serakah-di-china-pungut-rp-2000-tiap-murid-tidur-di-kelas

HarianDepok.com – Berita Unik – Pengelola Sekolah Dasar Negeri 7 Kota Yueyang di Provinsi Hunan, China, melakukan tindakan tidak patut yang menghebohkan publik. Yakni memungut uang senilai 1 Yuan (setara Rp 2.000) per siswa, buat mengizinkan mereka tidur di meja belajar saat jam istirahat makan siang.

Situs Shanghaiist melaporkan, Kamis (15/1), para guru mengklaim pungutan ini dibuat supaya murid-murid tidur dan tidak main ke luar sekolah. “Uang itu digunakan untuk memastikan murid-murid tidak meninggalkan sekolah saat istirahat, misalnya ke warung internet dekat sekolah,” kata Kepala Sekolah Fan Xiaping.

Pihak sekolah mengakui bahwa pungutan ini memberi pemasukan lumayan. Saban pekan, terkumpul 138 Yuan (setara Rp 278.806).

Xiaping menjamin kebijakan mematok tarif tidur siang ini sudah dilaporkan, bahkan diizinkan, oleh dinas pendidikan setempat.

Tapi setelah kabar soal pungutan ini menyebar di jejaring sosial, publik mengamuk. Mereka menilai SD itu kurang ajar karena memungut uang orang tua untuk hal yang sangat tidak penting.

Dinas Pendidikan Yueyang pun berjanji segera menyelidiki kebijakan sekolah tersebut. Tim akan dikirim untuk mempelajari apakah SD 7 melakukan pelanggaran.

Di China, beberapa sekolah pernah melakukan pungutan liar serupa. Pada 2012, SD di Henan mewajibkan murid membayar 8 yuan supaya dibolehkan tidur kalau tidak keluar untuk jajan. Ada juga kasus sekolah di Kumning yang memungut 5 yuan per bulan untuk tiap siswa, dengan alasan mereka harus bayar biaya naik lift.

 

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer