Kota Depok Ternyata Pernah Punya Presiden

Kota Depok Ternyata Pernah Punya Presiden

HarianDepok.com – Berita , Ternyata tidak hanya Indonesia yang memiliki Presiden sebagai pimpinan negaranya. Mungkin anda baru tahu, jika kota Depok pun ternyata pernah memiliki kepala negara seorang presiden. Mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang sejarah kota yang terletak di selatan ibukota Jakrta ini. Memang Depok hanyalah sebuah Kota kecil, namun, pada zaman dahulu pada masa penjajahan Belanda, Kota Depok adalah kota yang dipimpin oleh seorang Presiden.

Mari kita simak sekilas cerita Presiden Kota Deepok yang diungkapkan oleh pemerhati sejarah Depok, Diki Erwin, yang juga pejabat Humas di Pemkot Depok berikut ini. Sekitar tahun 1696, Kota Depok dahulu hanyalah sebuah desa terpencil di tengah hutan belantara. Tepatnya pada tanggal 18 Mei 1696, kemuian ada seorang pejabat tinggi Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) bernama Cornelis Chastelin membeli seluruh tanah  dan hutan yang luasnya meliputi daerah Depok dan sedikit Wilayah Jakarta Selatan serta Ratu Jaya dan Bojonggede.

Diki mengisahkan, “Untuk mengurus tanah-tanah tersebut, Cornelis Chastelein mendatangkan kaum hamba sahaya dari Sulawesi Selatan dan Bali yang jumlahnya kurang lebih 150 orang. Setelah itu pada tahun 1714, orang-orang hamba sahaya tersebut dibebaskan dari ikatan perbudakan oleh Corbelis Chastelin. Diki menjelaskan, Corbelis Chastelin adalah seorang misionaris Belanda yang memang sangat menentang perbudakan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok