Tahanan Polresta Depok, Lakukan Tes HIV/AIDS

Tahanan Polresta Depok, Lakukan Tes HIV/AIDS

Foto – Indopos

HarianDepok.com – Berita , Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kuldesak, tengah melakukan tes HIV kepada 75 tahanan Polresta Depok, tes tersebut dilakukan oleh LSM Kuldesak karena banyaknya tahanan tahanan Polresta Depok yang terlibat kasus penggunaan narkoba. Diketahui sebanyak 50 dari 75 tahanan Polresta Depok terlibat kasus narkoba. Tes HIV ini dilaksanakan pada Rabu (04/03/2015).

Seperti yang dikutip dari indopos. Samsu Budiman mengatakan, bahwa pihaknya melakukan tes tersebut guna mengantisipasi adanya penularan serta pencegahan HIV/AIDS di para tahanan kasus narkoba yang kebanyakan menggunakan jenis narkoba suntik alias putau.

Menurut Samsu, penyebaran HIV sangatlah cepat, dikhawatirkan akan berdampak kepada tertularnya para tahanan Polresta Depok, apalagi kebanyakan tahanan tahanan tersebut terlibat kasus narkoba yang menjadi salah satu faktor pemicu tersebarnya virus HIV yang hingga kini belum ada obatnya. Pada saat prosesi pengujian tersebut, seluruh para tahanan diminta sampel darah untuk di cek apakah terjangkit virus tersebut atau tidak.

Samsu, selain melakukan pengetesan sampel darah para tahanan, juga melakukan layanan konseling kepada seluruh para tahanan yang terlibat kasus narkoba. Hal tersebut dilakukannya karena banyaknya para pelaku kejahatan narkoba yang tertutup terkait masalah virus HIV.

Kepala Bidang Humas, Polresta Depok Akp Subandi mengatakan, pihaknya sangat gembira sekali atas hal tersebut yang dilakukan oleh LSM Kuldesak dalam menyikapi bahaya akan Virus HIV. Dirinya mengaku sangat terbantu dengan digelarnya tes serta konseling yang digelar oleh LSM Kuldesak. Semoga tindakan preventif yang dilakukan oleh Samsu dan rekan rekan bisa mencegah penularan HIV di Polresta Depok.(Izl)

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: