Tak Hanya Mobil, Sepeda Listrik Juga Akan Menjadi Garapan Ford

Tak Hanya Mobil, Sepeda Listrik Juga Akan Menjadi Garapan Ford

HarianDepok.com- Otomotif – Tentu para pecinta otomotif sudah tidak asing lagi dengan produsen mobil yang satu ini, Ford. Dengan segala keteranan nama yang dimilikinya tidak ada yang meragukan produk- produk mobil berkualtitasnya, seperti Ford Everest, Ford EcoSport, Ford Edge dan masih banyak lainya.

Siapa yang menyangka pabrikan yang bermarkas di Amerika Serikat ini tengah memperluas Ford  Smart Mobility Plan yang dimilikinya. Pada program tersebut Ford ternyata tidak ter pampang kendaraan roda empat bertenaga listrik namun juga mereka rencananya juga akan mengembangkan sepeda listrik (e- Bike).

Ford sendiri rencananya akan membuat e- Bike yang nantinya dapat digunakan pada sebuah kota yang sibuk. Hal tersebut pastinya akan memberikan pilihan lain bagi para konsumen selain mobil listrik maupun transportasi umum lainya. Adapun tujuan utama dari diciptakanya e- Bike ini adalah untuk meningkatkan mobilitas komuter, dan mengurangi kemacetan di pusat- pusat perkotaan yang super sibuk. Adapun proyek e- Bike Ford ini diberi nama ‘Handle on Mobility”.

Ada dua tipe e- Bike oleh Ford dengan fungsi yang berbeda pula. Sepeda jenis pertama adalah MoDe:Me, tipe ini dibuat bekerja sama dengan produsen sepeda Dahon dan dibuat untuk segmen e- Bike perkotaan. Desainya pun sangat simpel dan mudah untuk dilipat serta ditaruh pada mobil penumpang.

Sedangkan sepeda jenis ke dua adalah Ford MoDe:Pro. Tipe tersebut dibangun dan dirancang secara keseluruhan oleh Ford sendiri. Berbeda dengan tipe yang pertama, pada tipe yang satu ini diperuntukan khusus bagi para kuris, pipa jaringan teknisi listrik, serta jaringan telepon.

Meski kedua tipe tersebut memiliki fungsi penciptaan yang berbeda, namun untuk keduanya memiliki kesamaan yakni sama- sama menggunakan penggerak bertenaga listrik selain pedal pengayuh biasa. Dua sepeda listrik tersebut rencananya akan dibenamkan motor listrik 200 w serta baterai yang mampu bertahan hingga 9 jam pemakaian. Tak tanggung- tanggung, para pengguna dapat memacu e- Bike ini dengan kecepatan maksimal hingga 25 km/ jam.

 [MuhammadKhotib/HD]

Tags: