Depok Harus Meningkatkan Kapasitas Produksi Belimbing

Depok Harus Meningkatkan Kapasitas Prouksi Belimbing

HarianDepok.com – Berita, Belimbing sebagai komoditi sekaligus ikon Kota Depok dinilai masih kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar yang kini semakin tinggi. Dalam mempertahankan serta mengembangkan produksi belimbing di Kota Depok, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok secara stimultan memberikan berbagai bantuan kepada para petani belimbing di Kota Depok.

Kontribusi dan bantuan yang dilakukan Diskantan Kota Depok berupa pemberian bibit, pemberian pupuk organik, pembinaan berupa pelatihan kepada kelompok tani yang sudah berjalan maupun petani yang masih pemula.

“Kami selalu berupaya memberikan bantuan demi memajukan produksi belimbing yang kini menjadi ikon Kota Depok,” ujar Sekretaris Distankan Kota Depok, Muksit Hakim, di Balaikota Depok, Rabu (4/3/2015) kemarin saat ditemui awak media.

Selain itu, Distankan juga melakukan koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok dalam bidang pengembangan pasar, khususnya untuk meningkatkan daya jual buah yang menjadi ciri khas Kota Depok, belimbing. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam menunjang pelestarian belimbing dengan penyaluran produksi belimbing ke pasar modern maupun pasar tradisional sehingga menjangkau seluruh konsumen.

Untuk saat ini, menurut Muksit, bahwa pasokan buah belimbing di Kota Depok sudah cukup banyak yaitu sekitar 45 ton per bulan. Namun, jumlah tersebut dinilai belum dapat mencukupi kebutuhan yang diharapkan konsumen saat ini terus meningkat. Secara estimasi dan hasil survey di pasar terhadap buah belimbing ini, permintaan jumlah belimbing kurang lebih 50 ton perbulannya.

“Para petani setiap bulannya memproduksi belimbing hingga 45 ton, tetapi jumlah tersebut masih dikatakan belum mencukupi kebutuhan pasar,” terang Muksit.

Muksit menambahkan, bahwa Pemkot Depok akan terus berupaya untuk terus mengembangkan hasil produksi belimbing dan berharap hasil yang diperoleh petani belimbing setiap bulan dapat melebihi jumlah permintaan. Sehingga, seluruh masyarakat dapat merasakan dan menikmati keberadaan buah yang menjadi lambang dan kebanggaan Kota Depok ini.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: