Kesepakatan Pemugaran Masjid Bersejarah Peninggalan Wali di Depok

Kesepakatan Pemugaran Masjid Bersejarah Peninggalan Wali di Depok

HarianDepok.com – Berita – Sawangan , Penataan Simpang Kodim di Jalan Raya Sawangan akan dilakukan oleh pemerintah Kota Depok melalui Dinas Marga dan Sumber Daya Air. Hal ini sebagai langkah untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan tersebut yang bisa dibilang cukup parah. Tapi sangat disayangkan, penataan jalan propinsi itu akan mengorbankan peninggalan bersejarah. karena Masjid Al Istiqomah yang diyakini sebagai peninggalan Wali Songo Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati terpaksa harus dibongkar.

Masjid yang berusia ratusan tahun itu nantinya akan direlokasi. Namun untuk makam bersejarah yang berada dibelakang Masjid, para pihak Dewan Kehormatan Masjid (DKM) meminta agar tidak diganggu gugat. Seperti yang dikatakan Suganda, Ketua Dewan Kehormatan Masjid Al Istiqomah mengatakan, masjid tersebut dibangun sekitar tahun 1829. Karena usianya yang sudah cukup lama, Masjid tersebut kaya akan nilai sejarah. Masjid yang terletak di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Depok itu bisa menampung 1.000 jemaah.

Pada Kamis (05/03/2015), Suganda mengungkapkan “Masjid ini dibangun mulai dari tenggelamnya Matahari sampai terbitnya fajar, mirip dengan sejarah legenda terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu. Jadi Masjid ini sangat berarti bagi warga sekitar sini, dan tiga keluarga yang telah.” menjadi ahli waris.” Banyak orang yang datang mengunjungi Masjid ini untuk melihat nilai sejarahnya. Bahkan tidak sedikit pula peziarah yang sengaja mampir ke Masjid ini. Masjid tua ini baru dipagar dua kali, meski usianya yang sudah 186 tahun, sampai saat ini bangunannya masih sangat kokoh.

“Terakhir direnovasi pada tahun 2010, itu pun hanya membenahi sejumlah bagian yang rusak dan pengecatan ulang.” Ucap Suganda. Atas kesepakatan pemerintah dan DKM,maka sejumlah makam keluarga ahli waris  yang terdapat di bagian belakang Masjid itu tidak akan terkena peleberan jalan. “Kami para ahli waris sepakat atas pemugaran Masjid ini karena demi kepentingan masyarakat. Tapi kami meminta agar kuburannya jangan dipindahkan. Kami juga berharap, agar bentuk bangunan Masjid baru nanti tidak berubah, sama dengan yang aslinya.” Tegasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok