Menurut Prediksi BMKG, Awal April Akan Terjadi Kemarau Di Jakarta

Menurut Prediksi BMKG, Awal April Akan Terjadi Kemarau Di Jakarta

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Menurut Andi Eka Sakya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Pada awal April 2015 diprediksikan kemarau akan terjadi di Jakarta. Ia menghimbau agar warga di perkotaan seperti Jakarta untuk mewaspadai terjadinya kebakaran seiring dengan datangnya musim kemarau. Karena ibu kota mempunyai banyak titik pemukiman yang sangat padat. Menurut Andi, di wilayah Riau dan Jambi memiliki potensi tinggi kebakaran hutan, pada musim kemarau nanti. Diprediksi kemarau akan terjadi bervariasi, dalam rentang bulan Maret sampai Juni 2015.

“Di sebagian besar pulau Sumatera secara berangsur-angsur akan mulai terjadi kemarau pada awal Juni. Kalau kering, tentunya masyarakat harus waspada dan berhati-hati agar tidak terjadi kebakaran hutan,” ucap Andi di Jakarta, Rabu (04/03/2015). Selain itu, di sebagian wilayah Indonesia curah hujan akan mulai menurun pada akhir Maret. Yakni Pulau Jawa dan sebagian Papua. Pergantian musim hujan ke musim kemarau ini ditandai dengan menurunnya curah hujan yang berskala kurang dari 150 mm.

Menurut dia, ada sebanyak 29,8 persen wilayah di Indonesia akan mengalami penurunan curah hujan atau menuju kemarau pada bulan April 2015, diteruskan 28,9 persen pada bulan Mei dan 24,6 persen pada bulan Juni. Ia menambahkan “Sifat hujan musim kemarau 2015 ini adalah sebagian besar daerahnya, atau sebanyak 63,9 persennya, diprediksikan normal.” Andi juga mengingatkan potensi terjadinya bencana mengenai perubahan iklim dari musim hujan menuju kemarau. “Akan sering terjadi angin kencang ketika transisi musim ini, hujan es, dan angin puting beliung di sejumlah tempat,” ungkap dia.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok