Australia Tawarkan Tukar Narapidana Demi Batalkan Eksekusi Mati Duo Bali Nine

 

Australia Tawarkan Tukar Narapidana Demi Batalkan Eksekusi Mati Duo Bali Nine

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menawarkan pertukaran narapidana menjelang eksekusi mati dua terpidana mati kasus narkoba Myuran Sukumaran dan Andrew Chan. Selasa (03/03/2015), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dikabarkan mendapat telepon dari Julie Bishop untuk membahas tawaran tersebut. Bunyi dari pembicaraan itu, Bishop memberikan tawaran pertukaran narapidana antara Australia dan Indonesia demi membatalkan eksekusi mati duo Bali Nine itu.

Seperti dikutip The Age, Bishop di Canberra mengatakan “Kami membicarakan beberapa opsi untuk mencari peluang. Salah satunya dengan transfer narapidana, atau pertukaran napi.” Menurut Bishop, setelah penawaran tersebut, belum ada kesepakatan apa pun, termasuk pembahasan dengan detail. Namun, Bishop menegaskan, Australia akan menempuh berbagai upaya agar bisa menyelamatkan terpidana duo Bali Nine itu. Bishop berharap ada kesepahaman antara Indonesia dan Australia soal pertukaran narapidana tersebut.

Apalagi dengan fakta ada warga negara Indonesia yang menjadi narapidana di Australia. Bishop mengatakan kepada ABC, ”Ada orang Indonesia menjadi narapidana di Australia dan ada warga Australia dipenjara di Jakarta.” Ia mengungkapkan sedang mengkaji kemungkinan pertukaran itu bisa dilakukan di bawah hukum Indonesia. Sampai sekarang pemerintah Australia tengah menunggu jawaban dari Indonesia. Adapun Menteri Retno sedang membawa pilihan ini ke Presiden Joko Widodo.

Sukumaran dan Chan merupakan dua terpidana mati kasus narkoba dari jaringan Bali Nine yang kini telah berada di Nusakambangan untuk menunggu waktu eksekusi. Mereka dan beberapa terpidana mati lain asal Ghana, Prancis, Brasil, Filipina, Nigeria, dan Indonesia akan menjalani eksekusi mati pada gelombang kedua yang akan dilaksanakan di bawah pemerintahan Jokowi. Dan gelombang pertama sudah dilaksanakan pada bulan Januari lalu di Kabupaten Boyolali dan Pulau Nusakambangan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok