Bandung Akan Kembangkan “Central Business Distric” Yang Berbasis Teknologi

Bandung Akan Kembangkan Central Business Distric Yang Berbasis Teknologi

HarianDepok.com- Properti – Pemerintah Kota Bandung rencananya akan membangun Technopolis di wilayah Gedebage, Bandung Timur pada April tahun ini. Menurut Ridwan Kamil (Wali Kota Bandung), mega proyek dengan lahan seluas 800 hektar tersebut akan diubah menjadi Central Business District yang berbasis teknologi informasi serta komunikasi.

“Kami sudah mempersiapkan lahan untuk digunakan sebagai kota baru Bandung Technopolis, dimana kegiatan ekonomi dari kota wilayah tersebut akan fokus terhadap inovasi dan teknologi. Nantinya kami akan menempatkan periset, salah satunya yaitu dari ITB (Institut Teknologi Bandung) guna bertemu dengan para pebisnis teknologi,” Ujar Ridwan Kamil, Bandung Senin (2/ 3/ 2015).

Lebih lanjut emil memaparkan, Bandung Technopolis adalah sumbangan dari Bandung untuk meningkatkan perekonomian bagi Indonesia. Kota baru tersebut diharapkan akan menambah geliat investasi pada sektor teknologi komunikasi, dan informasi.

“Guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, kita seharusnya kan memang banyak investasi. Tanpa adanya infestasi pertumbuhan ekonomi akan melambat. Pada kota pintar ini nantinya investasi sendiri akan terintegrasi dengan teknologi informasi  dan komunikasi,” ujar Wali Kota yang sering dipanggil Emil itu.

Ada banyak para investor asing yang sudah melirik terkait megaproyek dengan perkiraan nilai investasinya mencapai Rp 100 triliun. Akan tetapi karena proyek ini belum diresmikan pembangunanya, kini masih belum ada kesepakatan dari para pelaku investor tersebut untuk menanamkan investasinya.

“apabila proyek ini benar- benar terealisasi, perusahaan besar seperti Google serta Facebook sangat dimungkinkan untuk saling berdampingan di kota pintar ini. Para investor asing pun sudah banyak yang melirik rancangan proyek ini seperti investor dari Singapura, Arab Saudi, dan Jepang. Karena belum ada peresmian secara real, maka mereka masih dalam tahap ketertarikan saja,” ujarnya.

Wali Kota Bandung tersebut kini masih menunggu dari restu Jokowi (Joko Widodo) untuk merealisasikan pembangunana Bandung Technopolis. Dukungan dari orang nomor satu di Indonesia tersebut sngat diperluakan untuk menumbuhkan perekonomian Kota Bandung, dan Indonesia pada umumnya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: