Terpilih Menjadi Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan Enggan Mundur dari Ketua MPR

Terpilih Menjadi Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan Enggan Mundur dari Ketua MPR

HarianDepok.com – Berita – Nasional, Meskipun telah terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan enggan mencopot jabatannya sebagai Ketua MPR. Menurut pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, Ia menilai Partai Amanat Nasional tak bergeming soal isu rangkap jabatan tersebut.

“Rangkap jabatan sebagai pejabat publik dan pimpinan partai sudah lama digaungkan publik, tapi fenomena ini berlanjut, mereka (PAN) tak bergeming,” ujar Siti Zuhro dihubungi awak media dari Jakarta, Senin (2/3/2015) malam.

Menurut Siti, PAN seharusnya meniru pola PKS yang tidak memperbolehkan rangkap jabatan. Karena di PKS tidak memperbolehkan anggota yang rangkap jabatan, namun di dalam PAN seniri rangkap jabatan seperti aman-aman saja dan tidak begitu ditanggapi.

“Padahal mengurus partai politik tidaklah mudah karena ketua umum bertanggungjawab terhadap maju mundurnya partai,” ujarnya.

Siti mengatakan, Zulkifli memiliki banyak pekerjaan rumah untuk membesarkan PAN dan membawa PAN kea rah yang lebih baik. Menurutnya, PAN memerlukan manager partai yang cerdas membaca situasi politik dan ahli dalam memprediksi masa depan perpolitikan Indonesia serta mampu melakukan kaderisasi partai yang memadai.

“Peningkatan kualitas partai menjadi pekerjaan rumah Zulkifli Hasan bila ingin menjadikan PAN partai besar. Nuansa sebagai partai reformis belum benar-benar tampak, ketika PAN belum mampu membuat terobosan positif merespon aspirsi rakyat,” imbuh Siti.

Pada hari minggu (1/3/2015) malam Zulkifli Hasan terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode 2015-2020 mengalahkan calon kuat lain yaitu Hatta Rajasa dengan 6 suara lebih banyak dalam Kongres IV PAN di Nusa Dua, Bali.

Dalam penghitungan suara yang dilangsungkan di Hotel Westin, Nusa Dua Bali, Zulkifli Hasan yang juga merupakan Ketua MPR RI, mendapat 292 suara. Sementara pesaingnya Hatta Rajasa meraih 286 suara. Total suara yang diperebutkan oleh kedua kandidat sebanyak 582 suara, dengan 4 surat di antaranya rusak dan abstain.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)