Mulai Bulan Ini, Uang Muka KPR cukup 1 Persen

Mulai Bulan Ini, Uang Muka KPR cukup 1 Persen

HarianDepok.com- Properti- KPR – FLPP (Program Khusus Kredit Kepemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) cukup hanya dengan uang muka 1 persen akan segera diluncurkan PT Bank Tabungan Negara Tbk pada awal bulan Maret 2015 ini.

Meski program khusus ini diprioritaskan untuk pemohon rumah susun miliki (rusunami) perkotaan, akan tetapi tak ayal hal tersebut disambut cukup antusias. Karena, program tersebut dinilai mampu membantu masayarakat yang memiliki penghasilan rendah yang selama ini terkendala dalam permodalan uang muka guna membeli rumah melalui bank.

Selain hal itu, uang muka 1 persen KPR- FLPP tersebut dimaksudkan sebagai upaya untuk untuk mendukung program pemerintah agar semakin terdorongnya pembanguanan perumahan vertikal.

Maryono selaku Direktur Utama BTN menjelaskan, uang muka hanya sebesar 1 persen berlaku pada pada pembelian rumah pertama. “Tiga segmen utamanya adalah pegawai negeri sipil, para buruh, serta masyarakat dengan pengahasilan tetap, Jakarta Kamis (26/ 2/ 2015).

Sementara itu, Eddy Hussy mengatakan program uang muka 1 persen KPR-FLP adalah kabar yang baik, terlebih untuk MBR. Karena, dasar permasalahan MBR ketika melakuakan pembelian hunian terletak pada melambungnya harga uang mukanya.

“hal tersebut merupakan kabar yang menggembirkan. Memang permaslahan yang dihadapi oleh MBR adalah muka karena mereka juga tidak memiliki cukup uang tabungan untuk membayarnya. Program KPR- FLPP dengan pembayaran uang muka 1 persen yang dilakukan oleh BTN adalah sebuah trobosan baru yang cukup berani”. Ungkap Edy, Jumat (27/ 2/ 2015).

Kendati demikian, Edy sendiri tidak mengaharapkan pembayaran uang muka terus dikurangi atau dihilangkan. Pembiayaan uang muka tersebut tetap harus ada mengingat itu merupakan tanggung jawab terhadap properti yang dibeli oleh para konsumen.

Lebih lanjut ia menyarankan, terobosan uang muka 1 persen ini tidak hanya diperuntuhkan untuk rusunami saja, akan tetapi juga pada perumahan tapak. Dalam upaya menggenjot program satu juta rumah, pemberian uang muka yang murah bagi rumah tapak dirasa juga diperlukan.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags:

One Response

  1. author

    Roch Aksiadi3 years ago

    Semoga Kota Depok Semakin maju dan Berkembang… Sukses Selalu..

    Reply

Leave a Reply