Tingkat Hunian Perhotelan di Bali Turun 2 Digit

Tingkat Hunian Perhotelan di Bali Turun 2 Digit

HarianDepok.com- Properti­- Tingkat hunian kamar (TPK) yang ada di hotel- hotel Bali turun sebesar 14,7 persen kini menjadi rerata 55,8 persen selama bulan Januari 2015. Turunya TPK tersebut dipicu penambahan jumlah kamar- kamar baru yang kini jumlahnya menjadi 38.000 unit. Itulah hasil riset yang dilakukan oleh STR Global, Kamis (26/ 2/ 2015).

Sedangkan untuk pasar hotel utama lainnya yang ada di kawasan Asia Pasifik malah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seperti yang ada di Bangkok, Thailand. Disana menunjukan lonjakan TPK yang tinggi yakni sebesar 31,5 persen menjadi rerata 76 persen.

Kendati TPK naik, akan tetapi komponen tarif rerata harian (avarage daily rate/ ADR) malah turun sebanyak 7,2 persen kini menjadi 111,50 dollar AS. Hal ini sama  dengan pendapatan per kamarnya yang tersedia (revenu per available room/ RevPAR) merosot sebanyak 2,7 persen kini menjadi rerata 72,18 dollar AS.

“Tarif kamar dalam mata uang dollar untuk hotel yang ada di kawasan ini memanglah menunjukan tren penurunan. Meski demikian, ADR Asia Pasifik meningkat sebanyak 2,0 persen secara konsisten apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya,” ungkap Elizabeth Winkle selaku Managing Director STR Global.

Sedangkan ADR dalam mata uang lokal memperlihatkan kinerja yang cukup bervariasi. Selandia Baru sendiri mengalami peningkatan yang cukup tinggi sebesar 14,6 persen. Pertumbuhan ADR tersebut didorong oleh penyelenggaraan turnamen sepak bola Piala Konfederasi Asia yang ada di Australia.

Jepang sendiri juga mengalami pertumbuhan yang cukup menggembirakan yakni 3,1 persen yang mendorong penguatan dari RevPAR 12 persen. Begitu juga dengan Tiongkok sebesar 3,7 persen.

Harapan optimis pun muncul dari Winkle setelah moment pergantian tahun bariu Imlek kemarin, karena dengan pasca perayaan tersebut diharapkan semua sektor yang ada kembali pulih dan lebih bergairah lagi, “Perayaan Tahun Baru Imlek yang sudah dimulai sejak pertengahan Februari ini, diharapkan akan lebih meingkatkan kinerja dari pada bulan depan,” tutur Winkle.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)